Bahaya! Begini Dampak Bullying Jika Dibiarkan… 

 58 total views,  2 views today

bullying

Banyak yang menganggap sepele perihal bullying ini. Nyatanya, banyak korban bully yang memutuskan untuk bunuh diri.

Bullying merupakan segala perilaku kekerasan fisik atau mental yang dilakukan satu orang atau lebih dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain. Bullying marak terjadi di lingkungan sekolah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa bully terjadi di mana saja. Sehingga, korbannya pun tidak hanya anak-anak, tetapi remaja dan orang dewasa juga bisa menjadi korban. 

Tindakan apa saja yang termasuk bully? Tindakan atau perilaku yang termasuk bully santara lain: 

  1. Bully secara fisik (menjambak, menendang, menampar, mencubit, merusak barang, meludah, dan lain-lain) 
  2. Bullying secara verbal (mengancam, mempermalukan, merendahkan, mengganggu, sarkasme, mengejek, memaki, menyebarkan gosip, mendiamkan, dan mengabaikan)
  3. Cyberbullying. Jenis ini marak terjadi di era sekarang. Saking mudahnya, semua orang bisa mengakses internet dan bebas berkomentar. Sehingga, secara tidak sadar, mereka telah melakukan bullying. Cyberbullying sendiri bisa berupa komentar jahat, video ancaman, dan video asusila.

Dampak Negatif Bullying Bagi Korban

Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh kasus bully ini. Beberapa orang menganggap kita yang baperan, mainnya kurang jauh, tersinggungan, dan lain-lain. Mereka menutup mata dampak negatif dari bully. Dampak bully ini antara lain: 

  1. Gangguan mental tertentu;
  2. Menarik diri dari lingkungan; 
  3. Turunnya motivasi belajar;
  4. Gangguan makan;
  5. Keinginan untuk bunuh diri;
  6. Berpotensi menjadi perundung (pelaku bullying) karena ingin balas dendam;
  7. Mengalami trauma. 

Cara Mengatasi Trauma Akibat Bullying

Saking parahnya efek bully ini, banyak korban bully mengalami trauma. Mereka takut bertemu dengan orang lain, terutama dengan perundungnya. Sehingga, korban malas ke sekolah, kerja atau beraktivitas dengan orang lain. 

Korban bully sudah seharusnya menerima pertolongan. Karena jika dibiarkan, ini akan sangat berbahaya. Untuk menyembuhkan trauma akibat bully ini, korban bisa mengikuti hipnoterapi. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk hipnoterapi, silakan klik link berikut ini Link Pendaftaran Hipnoterapi

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel berikutnya…

Baca juga: Mudah Dilakukan! Berikut Cara Cepat Mengatasi Gangguan Kecemasan Anak Karena SFH…