Cara Mengatasi Social Anxiety Saat Berbicara di Depan Umum 

 35 total views,  1 views today

Cara Mengatasi Social Anxiety Saat Berbicara di Depan Umum

Social anxiety atau kecemasan sosial adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan rasa takut saat berinteraksi dengan orang lain. Umumnya, mereka merasa takut diawasi, dihakimi, dan dipermalukan orang lain.

Tidak ada penyebab pasti social anxiety pada seseorang. Namun, para ilmuwan mengatakan bahwa keluarga atau trauma tertentu bisa mempengaruhi gejala ini.

Rasa takut atau cemas berlebihan saat berinteraksi dengan orang lain berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari. Jika tidak segera diatasi, maka kondisi ini bisa memperburuk kondisi mental seseorang. Bahkan bisa bermanifestasi menjadi penyakit mental yang lebih parah, dan depresi. 

Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Berbicara di Depan Umum

Untuk mengatasi social anxiety saat berbicara di depan umum, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Melakukan Olah Nafas

Olah nafas bisa dilakukan secara rutin agar Anda lebih rileks kapanpun dan dimanapun Anda berada. Praktekkan teknik pernafasan 4-7-8. Pertama tutup mulut dan tarik napas tanpa suara melalui hidung selama 4 detik. Tahan napas selama 7 detik. Kemudian, keluarkan napas melalui mulut sambil mengeluarkan bunyi “woosh” selama 8 detik. Ulangi langkah ini selama 3 kali. 

2. Tanamkan Sugesti Positif 

Tanamkan sugesti positif setelah Anda melakukan teknik pernafasan. Sesuaikan dengan bahasa Anda, ucapkan secara sederhana. Yang terpenting Anda meresapinya. Contoh sugesti yang bisa Anda ucapkan kepada diri sendiri: “Aku adalah pribadi yang berani. Aku bisa berinteraksi dan berbicara dengan siapa saja dan di mana saja..” 

3. Hipnoterapi

Pada cara yang pertama dan kedua, Anda bisa melakukannya sendiri. Tetapi, jika Anda sudah melakukan cara tersebut dan belum ada perubahan, maka Anda membutuhkan hipnoterapi untuk menetralkan rasa takut Anda saat berbicara di depan umum. 

Baik, itulah sedikit tips mudah yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi kecemasan sosial pada diri Anda. Apabila Anda membutuhkan konsultasi atau hipnoterapi, silakan klik pendaftaran berikut ini Link Pendaftaran Hipnoterapi

Baca juga: Mudah Dilakukan! Berikut Cara Cepat Mengatasi Gangguan Kecemasan Anak Karena SFH…