Tips Berpuasa untuk Penderita GERD

 47 total views,  3 views today

Tips Berpuasa untuk Penderita GERDPenderita asam lambung (GERD) memang tidak dianjurkan untuk telat makan. Namun, itu bukan alasan untuk tidak berpuasa. Nanti kalau kambuh di tengah-tengan puasa gimana? Jangan takut, ada strategi khusus yang bisa Anda ikuti agar Anda bisa menikmati ibadah puasa dengan lancar.  

Berbagai penelitian mengungkap bahwa berpuasa dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Khususnya, bagi para penderita GERD. Puasa menurunkan gejala GERD jika dilakukan dengan benar dan tidak makan berlebihan saat berbuka. 

Tips Berpuasa untuk Penderita GERD

Beberapa strategi berpuasa untuk penderita GERD yang bisa Anda ikuti antara lain: 

1. Hindari Telat Sahur dan Menunda Buka Puasa 

Jadwal sahur dan buka akan membentuk pola makan Anda. Artinya, jadwal makan Anda akan berubah menyesuaikan dengan waktu sahur dan buka. Oleh sebab itu, upayakan untuk sahur dan buka tepat waktu. Untuk menghindari kambuhnya GERD Anda. 

2. Pilih Menu Makan yang Bergizi dan Tepat 

Selain jadwal yang harus Anda perhatikan, menu makanan juga harus Anda perhatikan. Sebaiknya pilih karbohidrat yang mudah dicerna. Misalnya, bubur, lontong, dan lain-lain. Kemudian, minumlah air hangat sebelum sahur. 

3. Hindari Tidur Setelah Buka atau Sahur

Jeda waktu makan dan minum sebelum tidur. Lambung memerlukan setidaknya 2-4 jam untuk mencerna makanan. Langsung tidur setelah makan atau minum sangat berbahaya bagi penderita GERD. Hal ini karena pada saat lambung terisi penuh dan posisi Anda tidur, maka katup kerongkongan rentan tertekan dan terbuka. Akibatnya, isi lambung naik kembali dan GERD kambuh. 

4. Hindari Stress dan Kendalikan Emosi

Penyakit GERD rentan kambuh saat penderitanya cemas. Untuk mengendalikan kecemasan tersebut, Anda harus bisa mengontrol emosi Anda. Salah satu cara mudah dan ampuh untuk mengendalikan emosi adalah dengan menanamkan sugesti. Bagaimana contoh sugestinya? Contoh sugesti yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut: “Semakin hari, pikiran saya semakin jernih, dan semakin positif. Sehingga, saya kuat menjalani hari-hariku yang indah.” 

Nah itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat puasa, apabila Anda membutuhkan seorang terapi untuk mengatasi kecemasan Anda, silakan kunjungi Link Pendaftaran Hipnoterapi

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Ciri Gangguan Kecemasan dan Cara Mengatasinya dengan Hipnoterapi