OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

 20 total views,  1 views today

obsessive compulsive disorder

Apa itu OCD?

OCD (Obsessive Compulsive Disorder) merupakan dorongan untuk melakukan sesuatu tertentu secara berulang. Jika orang dengan OCD tidak melakukan kegiatan itu maka dirinya gelisah.

Salah satu bentuk OCD yang terkenal di masyarakat adalah ketakutan terhadap kuman. Orang yang takut kuman bisa mencuci tangannya sampai berkali-kali. Jika tidak melakukannya, maka dirinya cemas dan takut kuman tersebut menyerang dirinya. 

Gejala OCD

Gejala OCD pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Overthinking;
  2. Cemas;
  3. Menyaddari pemikirannya tidak logis namun tidak bisa menghentikannya;
  4. Melakukan aksi tertentu secara berulang-ulang.

Cara Mengatasi Gangguan OCD

Kebanyakan pasien gangguan mental ini tidak bisa menghentikan dirinya untuk melakukan hal tertentu. Tetapi, kita bisa mengurangi kegelisahannya ketika ia tidak melakukan kegiatan OCD nya secara berulang.

Para ilmuwan pun menyatakan bahwa sulit kemungkinan OCD untuk hilang pada diri seseorang, tetapi bisa diterapi untuk meredakan gejalanya.

Cara mengatasi gangguannya adalah dengan melalukan pengobatan ke spesialis kejiwaan. Kemudian imbangi dengan makanan yang bernutrisi.

Selain obat dan nutrisi yang baik, psikoterapi juga penting dilakukan. Penelitian mengungkap psikoterapi mampu mengendalikan tindakan obsesif seorang penderita OCD. Dengan mengikuti psikoterapi, penderita akan dibimbing oleh terapis untuk self-management, yang mana bisa membantu mengontrol tindakan obsesif penderitanya.

Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Obsessive Compulsive Disorder, apabila Anda membutuhkan seorang terapi untuk mengatasi masalah Anda, silakan kunjungi Link Pendaftaran Hipnoterapi

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Hidup Sering Tidak Tenang? Mungkin Kamu Belum Berdamai dengan Masa Lalu