Cara Mengurangi Screen Time Anak saat Pandemi 

 91 total views,  1 views today

Musim pandemi seperti ini mengharuskan semua kegiatan anak berjalan dari rumah. Pembelajaran pun dilakukan dari rumah dengan bantuan gadget. Akibatnya anak terbiasa bermain gadget setelah belajar. Namun, sebagai orang tua, kita sangat menyadari pentingnya gadget untuk pembelajaran di rumah. Satu-satunya cara untuk menghindari dampak buruknya adalah dengan mengurangi screen time anak. 

Menghabiskan banyak waktu untuk gadget bisa membahayakan kesehatan juga mental anak. Selain merusak mata, melihat layar gadget menyebabkan kelelahan. Kelelahan memicu dampak negatif lainnya, seperti sulit tidur, anxiety, gangguan perhatian dan fokus. 

Cara Mengurangi Screen Time Anak

Melepaskan perangkat elektronik berbasis layar dari kehidupan anak Anda dapat menjadi bumerang. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi screen time pada anak tanpa menimbulkan kebosanan.

1. Mengganti E-books Anak dengan Buku Fisik

Meskipun ebooks mungkin sama bagusnya dalam menyampaikan informasi seperti halnya buku fisik, memilih kertas dapat membantu meningkatkan suasana hati anak Anda. Dengan buku fisik, anak mampu menyerap informasi lebih cepat. Bunda juga tidak perlu khawatir dengan bahaya radiasi gadget. 

2. Mencetak Tugas Anak 

Sebelumnya, konsultasikan kepada gurunya apakah bisa si kecil mengirim tugasnya melalui foto. Jika diizinkan, cara ini sangat efektif untuk anak Anda. 

Dengan mencetak tugas, pandangan si kecil beralih ke kertas. Sehingga, ini sangat mengurangi intensitas screen time pada gadget. Setelah ia selesai dengan tugas di kertas, Anda bisa memotretnya dan mengirimkan kepada guru yang bersangkutan. 

Hal ini juga dapat mengurangi stres anak akibat belajar dari rumah. Setidaknya menulis di kertas membuat si kecil ingat suasana kelas saat di sekolah.  

3. Menggunakan Audio Pembelajaran 

Sesekali beralih ke media suara, membuat anak lebih rileks dalam belajar. Dengan audio, anak sedikit terbebas dari membaca materi dari gadget. Namun, cara ini menyulitkan si kecil dalam memahami materi, Anda bisa beralih ke tips nomor dua di atas. Kenyamanan anak juga penting ya, bund. Jadi perhatikan metode apa yang aman dan nyaman untuk si kecil. 

4. Luangkan untuk Bermain di Halaman Rumah

Salah satu kekhawatiran orang tua adalah anak-anak mereka bosan jika screen time pada gadgetnya terbatas. Tidak tahu apa yang harus mereka lakukan setelah belajar. Anda bisa mengajaknya untuk bermain permainan tradisional. 

Mengapa permainan tradisional? Banyak permainan tradisional yang menggunakan strategi khusus. Tidak kalah seru dengan game online masa kini. 

5. Membatasi Waktu Menonton Televisi

Berikan waktu anak untuk menonton tv untuk melepas penat. Anda bisa memberi waktu kapan saja setelah pekerjaan anak selesai. Yang terpenting adalah Anda harus mematikan televisi satu jam sebelum anak bergegas tidur. Selain mengurangi screen time, cara ini bisa mengurangi risiko kecemasan anak saat tidur. Sehingga, tidur anak lebih nyenyak. 

Baik, itulah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi screen time anak pada gadget. Langkah kecil untuk anak memberikan dampak yang besar dalam hidupnya. Jangan lelah untuk mencari cara terbaik untuk mendukung perkembangannya.

Apabila Anda membutuhkan kiat-kiat parenting, Anda bisa konsultasi dengan terapis kami. Terapis dari IHA sudah lama berpengalaman dalam bidang parenting. 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengurangi Anxiety Pada Anak Akibat Belajar dari Rumah Saat Pandemi