Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Panik?

 45 total views,  1 views today

bagaimana cara mengatasi serangan panik

Serangan panik adalah perasaan cemas yang tiba-tiba dan intens. Serangan panik juga dapat memiliki gejala fisik, seperti gemetar, pusing, mual, detak jantung tidak teratur, mulut kering, sesak napas, dan pusing. Gejalanya memang terlihat pahrah. Namun, ini bisa diminimalisir, jika Anda tahu bagaimana cara mengatasi serangan panik. 

Gejala serangan panik tidak berbahaya, tetapi bisa sangat menakutkan. Rasanya seperti Anda mengalami serangan jantung, pingsan atau bahkan mati. Kebanyakan serangan panik berlangsung dari lima menit hingga setengah jam.

Latihan Olah Nafas saat Panik Menyerang 

Jika Anda bernapas dengan cepat selama serangan panik, melakukan latihan pernapasan dapat meredakan gejala lainnya. Coba ini:

  1. Tarik napas selambat dan sedalam mungkin, melalui hidung;
  2. Hembuskan nafas perlahan, dalam dan lembut melalui mulut Anda;
  3. Beberapa orang merasa terbantu untuk menghitung dengan mantap dari satu sampai lima pada setiap nafas masuk dan keluar;
  4. Tutup mata Anda dan fokuslah pada pernapasan Anda;
  5. Anda akan merasa lebih baik dalam beberapa menit. 

Cara Mencegah Serangan Panik

  1. Pertama, Anda perlu mencari tahu stres atau kejadian traumatik yang mungkin Anda alami. Ini bisa memperburuk gejala serangan panik Anda. 
  2. Kedua, latihan pernapasan setiap hari dapat mencegah serangan panik. Latihan pernapasan juga bisa meredakan serangan panik saat itu terjadi.
  3. Kemudian, Olahraga teratur, terutama olahraga aerobik. Olahraga membantu Anda mengelola tingkat stres, melepaskan ketegangan, meningkatkan mood, dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, makan makanan teratur untuk menstabilkan kadar gula darah Anda.
  4. Hindari kafein, alkohol, dan merokok. Tiga hal tersebut dapat memperburuk serangan panik. 
  5. Hipnoterapi dapat mengidentifikasi dan mengubah pola pikir negatif yang memicu serangan panik Anda.

Jika Anda terus-menerus merasa stres dan cemas, terutama tentang kapan serangan panik Anda berikutnya, Anda mungkin mengalami gangguan panik.

Orang dengan gangguan panik mungkin menghindari situasi yang dapat menyebabkan serangan panik. Mereka mungkin juga takut dan menghindari ruang publik (agorafobia).

Perubahan mungkin tidak terjadi begitu saja. Tetapi jika serangan panik datang dari waktu ke waktu, segera cari bantuan medis atau hipnoterapis. 

Serangan panik biasanya terjadi karena pola pikir tertentu. Untuk bisa mengubah pola pikir tersebut, cara yang paling efektif adalah hipnoterapi. 

Apabila Anda membutuhkan bantuan terapis untuk mengatasi masalah Anda, silakan hubungi kami melalui Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Buruk