Cara Mengurangi Anxiety Pada Anak Akibat Belajar dari Rumah Saat Pandemi

 20 total views,  1 views today

cara mengurangi kecemasan akibat belajar dari rumah

Penutupan sekolah dan kantor karena virus corona mewajibkan anak belajar dan orang tua bekerja dari rumah. Oleh sebab itu, orang tua harus bekerja sambil mengajar anak dari rumah. Bekerja dari rumah dengan anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Terlebih jika si kecil mengalami gangguan fokus dan kecemasan saat belajar. Lalu, bagaimana cara mengurangi kecemasan akibat belajar dari rumah saat pandemi? 

Cara Mengurangi Kecemasan Pada Anak Akibat Belajar dari Rumah

Ada cara untuk menghadapi anak Anda yang mengalami kecemasan dan gangguan fokus, yaitu dengan berbagai macam rutinitas berikut ini: 

1. Bantu Anak Anda Mengatasi Kecemasannya Sendiri

Mengenai virus corona, banyak anak yang takut dan mungkin ada yang belum mengetahui bagaimana cara menghindari virus ini. Diskusilah dengan anak tentang virus ini. Jika ada kesalahpahaman dan miskonsepsi tentang virus corona, beritahu si kecil secara perlahan. 

Ajari anak Anda cara mencuci tangan dengan benar dan jelaskan mengapa itu penting dan mengapa mereka tidak boleh menyentuh wajahnya.

Jika diperlukan, Anda bisa mengajari si kecil untuk tarik nafas untuk membantu merilekskan pikirannya. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kecemasannya. 

2. Kegiatan yang Dapat Mengurangi Kecemasan

Meskipun selalu di dalam rumah, menjaga anak tetap aktif sepanjang hari sangat penting. Ini dapat membantu mengurangi kejenuhan si kecil saat belajar di rumah. Selain itu, menjaga anak tetap aktif juga bisa membantu perkembangan kemampuan kognitif maupun motoriknya dan tentunya untuk hidup yang lebih sehat.

Menggambar atau melukis bisa membantu anak mengekspresikan emosinya. Anak juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya melalui gambar.  

Cara ini sangat efektif untuk mengurangi perasaan cemas pada anak dan melatih si kecil untuk tetap fokus. Kemudian, Anda tetap bisa menyelesaikan pekerjaan Anda sembari menunggu si kecil menggambar. 

3. Memberikan Waktu Istirahat untuk Anak saat Belajar 

Saat anak mulai tidak fokus, perhatiannya pun berkurang. Jika dipaksakan, si kecil tidak bisa belajar dengan maksimal. Bahkan menghalangi produktivitasnya. 

Anak Anda membutuhkan waktu istirahat untuk fokus kembali. Batas waktu fokus atau konsentrasi untuk anak usia 8-16 tahun adalah 16 sampai 48 menit. Beri mereka istirahat dari belajar, sehingga mereka dapat melepaskan energi mereka melalui hal positif yang ia sukai. Setel pengatur waktu untuk mengajari anak Anda kapan waktunya bermain dan kapan waktunya untuk fokus belajar.

Hal yang Harus Anda Perhatikan:

Saat waktunya bermain, dorong aktivitas yang meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, seperti teka-teki, bermain adonan, dan berdandan. Jika Anda memiliki halaman belakang, dorong anak Anda untuk bermain di luar ruangan. Bermain di luar dan menghirup udara segar akan membantu mereka fokus dengan cepat.

Saat menyiapkan makanan untuk anak Anda, hindari makanan yang dapat meningkatkan hiperaktif, seperti gula, bahan tambahan buatan, dan karbohidrat yang ringan. Gantilah makanan ini dengan makanan dengan karbohidrat kompleks dan protein untuk membantu menjaga tingkat darah anak Anda tetap stabil dan mendorong konsentrasi.

4. Hipnoterapi untuk Mengurangi Kecemasan dan Hiperaktif pada Anak

Seorang terapis memiliki cara tersendiri untuk membuat anak Anda tetap fokus saat belajar. Dengan memanfaatkan alam bawah sadar anak yang sangat terbuka untuk menerima informasi, terapis akan menanamkan sugesti yang bertujuan untuk mengubah perilaku anak yang diinginkan. Cara ini juga sangat efektif untuk mengurangi gejala hiperaktif yang biasa terjadi pada anak-anak. 

Empat cara tersebut sangat efektif untuk mengurangi kecemasan dan hiperaktif pada anak. Terlebih pada saat pandemi seperti ini, semua orang butuh ketenangan yang berarti. Tidak hanya anak-anak, orang tua pun membutuhkannya. Untuk itu, hipnoterapi merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menenangkan pikiran Anda. 

Apabila Anda ingin mendaftar hipnoterapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.