Hipnoterapi Kecemasan

 48 total views,  2 views today

anxiety

Gangguan kecemasan atau anxiety merupakan kondisi mental di mana penderitanya merasa takut dan cemas berlebihan. Meskipun merasa cemas adalah sesuatu yang normal, tetapi jika rasa cemas muncul secara berlebihan maka akan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Rasa cemas Anda tergolong tidak wajar ketika rasa cemas tersebut bertahan dalam diri Anda selama lebih dari enam bulan. Jika dibiarkan, maka efek terhadap kondisi mental akan semakin parah. Oleh sebab itu, penderita anxiety sebaiknya mendapatkan treatment khusus untuk meredakannya.

Jenis Anxiety Disorder yang Harus Segera Diatasi

Ada tiga jenis anxiety disorder yang perlu diatasi secepat mungkin, antara lain GAD, Fobia, dan PTSD (Post Traumatic Stress Disorder). Apa yang dimaksud ketiga jenis tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

1. GAD (Generalized Anxiety Disorder)

Gejala GAD ini biasanya cemas yang disebabkan oleh berbagai hal. Dan gejalanya pun menyerang kapan saja. Bisa dikatakan gejala ini sangat tidak jelas. Orang dengan GAD biassanya mudah cemas karena suatu hal yang general seperti pekerjaan, kesehatan, hubungan sosial, dan lain-lain. Jika dalam kehidupan sehari-hari kita perlu bergaul dengan banyak orang, maka ini sangat mengganggu.

2. Fobia

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu tertentu. Dan terkadang pemicunya terlihat tidak rasional. Efek yang ditimbulkan dari fobia ini sangat beragam. Misalnya, pingsan, keringat dingin, panik, dan lain-lain.

3. PTSD (Post Traumatic Stress Disorder)

PTSD merupakan cemas yang ditimbulkan oleh trauma tertentu. Misalnya, pernah menjadi korban bencana, lalu cemas atau takut akan terjadinya bencana. Jika tidak diatasi dengan cepat, penderita mengalami gejala yang semakin parah. Bahkan yang terparah, bayangan pasca trauma yang ada dalam pikirannya bisa berkembang menjadi halusinasi.

Gejala Kecemasan

Sebenarnya, kecemasan ada banyak sekali jenisnya. Dan tidak semua orang mengalami gejala kecemasan yang sama. Oleh sebab itu, beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita kecemasan adalah sebagai berikut:

  1. Khawatir berlebihan yang terjadi hampir setiap hari, dan mengganggu kegiatan sehari-hari, serta sulit berkonsentrasi
  2. Waspada berlebihan yang berefek pada kencangnya detak jantung, telapak tangan yang berkeringat, tangan gemetar, dan mulut kering.
  3. Mudah lelah akibat gelisah yang berlebihan.
  4. Mudah tersinggung dan mudah marah.
  5. Sering mengalami ketegangan otot.
  6. Sama halnya dengan penyakit mental lainnya, seseorang yang mengalami kecemasan akan susah tidur.
  7. Kecemasan berlebih juga bisa menyebabkan panik.
  8. Tidak nyaman berada di sekitar orang lain da cenderung menarik diri dari kehidupan sosial.
  9. Ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu yang tidak logis.

Penyebab Kecemasan

Dilihat dari gejala dan jenisnya, penyebab kecemasan pada seseorang berbeda-beda. Dan selain fobia, umumnya orang yang mengalami kecemasan adalah pikiran yang berlebihan terhadap sesuatu hal. Istilah zaman sekarangnya adalah overthinking. Selain itu, kecemasan juga bisa disebabkan oleh genetik. Jika keluarga terdahulu pernah mengalami kecemasan, maka kemungkinan besar ada anak yang menuruni riwayat kecemasan tersebut.

Cara Mengatasi Kecemasan

Pengobatan untuk penderita gangguan kecemasan berfokus pada pengurangan gejala kecemasan saja. Maka dari itu, penderita yang berkonsultasi dengan dokter psikiatri biasanya menerima obat seperti anti depresan dan obat penenang. Efek dari obat ini bersifat sementara. Oleh karena itu, banyak penderita gangguan mental yang harus mengonsumsi obat selama hidupnya. Jika hanya menggunakan obat-obatan saja maka permasalahan yang menyebabkan kecemasan pada pasien tidak akan hilang.

Oleh sebab itu, penggunaan obat secara terus menerus tidak dianjurkan untuk penderita kecemasan. Selain tidak menyelesaikan masalah, efek samping obat ini dapat memperparah organ dalam hingga timbul penyakit komplikasi.

Maka dari itu, penderita kecemasan perlu mendapatkan layanan terapi. Terapi yang dibutuhkan oleh para penderita gangguan kecemasan adalah terapi yang bisa menyembuhkan pikirannya. Mengapa pikirannya? Karena gangguan mental bersumber dari pikiran manusia. Salah satu terapi yang efektif adalah hipnoterapi.

Mengapa Hipnoterapi?

Hipnoterapi merupakan cara mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dengan memanfaatkan teknik hipnosis dan menanamkan sugesti. Dalam hal ini, seorang hipnoterapis akan membantu klien untuk menemukan masalah yang menyebabkan kecemasan. Kemudian berfokus pada penyelesaian dengan menanamkan sugesti ke pikiran bawah sadar klien.

Sehingga, perubahan pada pasien setelah menerima sugesti akan bertahan lama dan tentunya tanpa efek samping. Dengan dua kali hipnoterapi saja, perubahan pada penderita tampak signifikan. Pasien tampak lebih tenang dan bahagia dalam menjalani kehidupannya.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan layanan hipnoterapi? Untuk mendapatkan layanan hipnoterapi, Anda cukup mengklik link berikut ini Link Pendaftaran Hipnoterapi