5 Hal yang Harus Anda Hindari dalam Menulis Copywriting!

 19 total views,  1 views today

tips menulis copywriting

Copywriting memainkan peran penting dalam penjualan. Copywriting yang bagus adalah copywriting yang mampu menguasai emosi pembaca dengan baik. Bagaimana maksudnya? Copywriting ini harus menghipnotis dan akhirnya mampu membuat orang-orang membeli produk Anda. Lakukan tips menulis copywriting berikut ini untuk menjaring banyak konsumen!

Hal yang Harus Anda Hindari dalam Menulis Copywriting

Pada kesempatan sebelumnya, Anda telah memahami cara menulis copywriting, seperti, menerapkan anatomi copywriting, dan cara menulis headline yang  yang powerful. Nah, kali ini, saya ingin membagikan tips khusus untuk Anda agar copywriting Anda mampu menciptakan closing lebih cepat dan lebih banyak.

Jangan lakukan hal-hal berikut ini dalam copywriting Anda jika Anda ingin closing dengan cepat! 

1. Kata yang Membuat Pembaca Bingung

Salah satu alasan mengapa Anda harus benar-benar mengenal target market Anda adalah untuk menyesuaikan bahasa copywriting Anda. Sebagai contoh, Anda menyasar orang tua untuk target market Anda. Maka, hindari penggunaan kata atau frasa yang kekinian, istilah bahasa inggris, atau kalimat yang terlalu panjang. Hal-hal tersebut akan membuat target market Anda bingung dan tidak mengerti maksud dari penawaran Anda. 

2. Kata yang Bersifat Kontradiktif

Selain membuat calon konsumen Anda bingung, kata yang kontradiktif bisa mengurangi kredibilitas Anda sebagai penjual. Mereka berpikir bahwa Anda produk tidak konsisten dan tidak terpercaya. Misalnya: Anda menulis harga murah pada produk Anda, namun Anda mengklaim produk Anda sebagai produk yang berkualitas bagus. Orang yang melihat fenomena ini akan meragukan kualitas produk Anda karena harga yang terlalu murah. Sehingga, tidak terbangun rasa percaya dari calon konsumen Anda.  

3. Waktu yang Tidak Spesifik: besok, nanti, akan, selanjutnya 

Dalam menyebutkan manfaat produk, pastikan untuk menyebutkan berapa lama produk Anda bekerja. Misalnya: Turun 2 kg dalam 5 Hari! 

4. Menyinggung SARA atau Kelompok Agama Tertentu 

Beberapa waktu lalu, ada kejadian yang sempat viral di Indonesia. Seorang penjual kurma mengklaim bahwa jajanan klepon tidak islami karena menyerupai pohon natal. Hal ini tentu menuai banyak komentar negatif karena hal yang ia sampaikan menyinggung satu agama tertentu. 

Dalam dunia marketing, kreatif itu wajib.. namun tetap harus memperhatikan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. 

5. Pernyataan yang Tidak Masuk Akal

Anda harus menekankan manfaat atau keunggulan produk Anda dalam penawaran yang Anda buat. Namun, tetap harus sesuai dengan kenyataan. Jika Anda hanya melebih-lebihkan tanpa ada bukti yang nyata dari produk Anda, maka kemungkinan adanya komplain dari pelanggan besar sekali. 

Lakukan tips tersebut, jika Anda ingin meningkatkan penjualan dengan cepat. Atau, jika Anda ingin mengikuti pelatihan seputar marketing silakan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Membuat Headline Copywriting yang Menghipnotis Pembaca