Cara Mengatasi Komplain dari Pelanggan dengan Ilmu Hipnosis

 94 total views,  1 views today

Mengatasi Komplain Pelanggan dengan Ilmu Hipnosis

Sebagai customer service kita tidak bisa menghindari komplain dari pelanggan. Pelanggan dengan berbeda karakter datang untuk menyampaikan komplain. Oleh sebab itu, customer service harus bisa mengatasi komplain pelanggan dengan cepat dan tepat. 

Komplain yang datang dari para pelanggan biasanya hanya meminta jawaban atas kekecewaannya. Sehingga, Anda hanya perlu menerima keluhannya dan menjelaskan mengapa semua itu terjadi dan memberikan solusi. Yang menjadi masalah adalah tentang bagaimana Anda menguasai emosi pelanggan yang sedang mengajukan komplain. Paling tidak Anda harus menguasai conversational hypnosis agar pelanggan mengerti dan mengikuti apa yang Anda sarankan. 

Apa itu conversational hypnosis? Conversational hypnosis adalah satu teknik hipnosis terselubung melalui percakapan biasa. Conversational hypnosis mampu mengubah cara pandang atau persepsi dan menjadikan sugesti sebagai sesuatu yang benar dalam alam bawah sadarnya. 

Jadi, tujuan menggunakan conversational hypnosis dalam hal ini adalah untuk membantu orang membuat sebuah keputusan yang benar. Dan kebenaran itu merupakan informasi/solusi yang Anda sampaikan. 

Cara Mengatasi Komplain Pelanggan dengan Conversational Hypnosis

Bagaimana langkah conversational hypnosis untuk mengatasi komplain pelanggan? 

1. Dengarkan Keluhan Pelanggan 

Jadilah pendengar yang baik. Dengarkan semua keluhan pelanggan sampai selesai. Jangan sekali-kali memotongnya. Simpulkan keluhan pelanggan dan sampaikan untuk memastikan pelanggan bahwa ia benar-benar Anda dengarkan. Langkah ini membuat pelanggan merasa diperhatikan. Ini berarti bahwa Anda bisa menguasai emosi pelanggan dengan baik.

2. Meminta Maaf 

Memohon maaf kepada pelanggan dapat menetralkan emosi pelanggan. Tunjukkan bahwa perusahaan benar-benar menyesal atas kekecewaan pelanggan. 

3. Ajukan Pertanyaan dengan Sopan Jika Membutuhkan Informasi Tambahan

Mengumpulkan informasi lebih banyak dari pelanggan membantu Anda untuk mencari solusi. Namun, jangan lupa untuk gunakan sopan santun. 

4. Menyampaikan Solusi 

Agar jawaban atau solusi yang Anda berikan diterima dengan baik oleh pelanggan, gunakan kata hubung DAN jangan TAPI. Ini mampu memberikan efek psikologis yang berbeda. 

Contoh script: “Saya mengerti kalau Pak Arif berpikir begitu. Itu wajar DAN saya juga berpikir sama saat belum memahami cara kerja jasa pengiriman dari pihak swasta.”

Jangan seperti ini: “Saya mengerti kalau Pak Arif berpikir begitu. Itu wajar TAPI saya juga berpikir sama saat belum memahami cara kerja jasa pengiriman dari pihak swasta.”

Kata penghubung “dan” memberi efek bahwa pesan pertama sejalan dengan pesan selanjutnya. Aku dan kamu berpikir sama terhadap suatu layanan pengiriman, misalnya. 

Sementara itu, “tapi” memberi efek kebalikan dari pesan pertama. Ini membuat pelanggan berpikir bahwa Anda tidak berada di pihaknya dan berusaha melakukan perlawanan. 

Baik, itulah sedikit tips untuk mengatasi komplain pelanggan dengan permainan ego konsumen dan conversational hypnosis. Untuk lebih detailnya bagaimana? Anda bisa mengikuti pelatihan hypno customer service yang diselenggarakan oleh Indonesian Hypnosis Association. 

Untuk informasi pendaftaran dan jadwal pelatihan silakan hubungi Admin Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini:

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Mengatasi Depresi Saat Pandemi