Cara Mengendalikan Rasa Sakit dengan Medical Hypnotherapy 

 15 total views,  1 views today

medical hypnotherapy

Sejak pertama kali ditemukan, hipnotis memang digunakan untuk penyembuhan. Sekitar tahun 1837, penggunaan hipnotis untuk anestesi (untuk menghilangkan rasa sakit) pertama kali diperkenalkan oleh seorang dokter Inggris bernama John Elliotson. Langkah Elliotson diikuti oleh James Esdaile. Untuk selanjutnya, pemanfaatan hipnotis untuk kebutuhan medis disebut medical hypnotherapy. 

Esdaile telah berhasil melakukan banyak operasi kecil dan besar tanpa rasa sakit dan tanpa obat bius kimia. Kemudian, penggunaan hipnotis untuk medis terus berkembang dan masih diterapkan oleh beberapa praktisi medis dan terapis sampai sekarang. 

Manfaat Hipnotis untuk Medis

1. Mengurangi Ketegangan Pasien 

Salah satu penyebab pasien lama sembuh dan semakin merasa sakit adalah ketegangannya sendiri. Pasien yang tegang sulit untuk rileks sehingga otot-ototnya semakin kencang dan menyebabkan rasa sakit yang semakin berarti. 

Medical hypnosis membantu pasien untuk lebih rileks dan mengendurkan otot-otot pasien. Mengapa bisa demikian? Saat melakukan medical hypnosis terhadap pasien, terapis mengeksplorasi pikiran bawah sadar pasien dengan teknik hipnosis tertentu. Dalam prosesnya, terapis menghilangkan ide rasa sakit pada pikiran bawah sadar pasien melalui sugesti. 

2. Memunculkan Mental Anesthesia 

Mental anesthesia atau anestesi mental merupakan mati rasa pada bagian tubuh tertentu yang dimunculkan secara alami. Manusia memiliki kemampuan untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. Contohnya, saat jari Anda terkena ujung kertas yang tipis, Anda tidak merasa apapun sampai Anda menyadari bahwa jari Anda tergores. Singkatnya, manusia bisa menghilangkan rasa sakit dengan cara mengabaikannya. 

Untuk memunculkan anestesi mental dalam praktek medis, bisa diraih dengan dua cara: 

  • Mem-bypass atau menonaktifkan filter mental dengan induksi.
  • Memberi sugesti untuk memunculkan anestesi.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan 

Salah satu pemanfaatan hipnosis dalam bidang medis adalah untuk membantu pemulihan paska operasi. Dengan medical hypnosis, Anda bisa memunculkan ide untuk mempercepat penyembuhan setelah operasi. 

Hipnosis membuat pasien bisa beristirahat dengan lebih sempurna. Dengan demikian penyembuhan alami berlangsung dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari risiko infeksi dan komplikasi lain setelah operasi. 

Pelayanan medical hypnotherapy di atas hanya bisa dilakukan oleh terapis yang terlatih dan profesional. Apabila Anda ingin menghilangkan ketegangan sebelum menjalani pengobatan, Anda bisa menghubungi admin kami. Anda bisa mengikuti sesi medical hypnotherapy sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti untuk persiapan melahirkan, khitan, bedah medis, cabut gigi, dan lain-lain. 

Kontak: Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.