Hati-Hati! 4 Kata Ini Sebaiknya Anda Hindari dalam Mendidik Anak!

 33 total views,  1 views today

kata yang sebaiknya dihindari dalam mendidik anak

Membahas tentang cara mendidik anak memang tidak pernah ada ujungnya. Selalu ada ilmu baru yang bisa Anda terapkan kepada si kecil kesayangan Anda. Selain itu, Anda harus memperhatikan tutur kata dan perilaku Anda di depan si kecil. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin membahas kata yang sebaiknya dihindari dalam mendidik anak.

Tahukah Anda mengapa anak terkadang bertingkah di luar nalar orang dewasa? Karena rata-rata anak pada usia 1-5 tahun belum memiliki kendali penuh terhadap pikiran sadarnya. Mereka bertindak atas dasar pikiran bawah sadarnya. 

Pikiran bawah sadar memiliki kemampuan menerima semua informasi tanpa filter. Sehingga, apa yang anak lihat dan dengar, itulah yang ia terima dalam pikiran bawah sadarnya tanpa tahu itu baik atau buruk. Jadi, wajar saja jika pada usia anak-anak, mereka cenderung melakukan hal-hal aneh. 

Tugas kita sebagai orang tua adalah membimbing anak-anak agar ia menerima hal-hal yang baik. Baik dari tutur kata maupun perilaku kita di depan anak-anak. 

4 Kata yang Sebaiknya Anda Hindari dalam Mendidik Anak

Ada beberapa kata yang sebaiknya Anda hindari saat berkomunikasi dengan si kecil, yaitu jangan, tidak, akan, dan harus.

1. Jangan 

Kata ‘jangan’ cenderung memunculkan respon sebaliknya. Artinya, Si kecil akan melakukan kalimat setelahnya. Contohnya, saat Anda ingin melarang  si kecil bermain game dengan kalimat “Jangan main game!” Kira-kira apa yang ia lakukan? Apakah ia meninggalkan gamenya? Tidak, bunda.. ia kan tetap bermain meskipun Anda berkata jangan. 

Bagaimana kalau sudah terlanjur bund? Jika Anda terlanjur mengatakannya, sambung kalimat berikutnya dengan kalimat positif. Gunakan ‘sebaiknya’ + kalimat positif. Contoh: “Nak.. jangan main game, ya.. sebaiknya kamu belajar”

2. Tidak 

Kamu tidak boleh memegang pisau. Terlanjur timpali dengan sebaiknya kamu belajar. menganjurkannya untuk memotong secara hati hati. 

3. Akan 

Kata ‘akan’ memiliki arti yang tidak pasti. Saat Anda membuat janji misalnya, anak tidak bisa menangkap kapan waktu yang pasti. Pada akhirnya Anda hanya memberikan harapan palsu kepadanya. Jadi, mulai dari sekarang, gunakan waktu yang tepat agar tumbuh kepercayaan. Selain itu, dengan menghindari kata akan, Anda juga mengajarkan kejujuran kepada anak Anda. 

4. Harus 

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, jika anak usia 1-5 tahun pikiran alam bawah sadarnya sangat aktif. Salah satu sifat pikiran bawah sadar adalah tidak menerima paksaan. Sedangkan, kata ‘harus’ digunakan untuk menganjurkan sesuatu yang bersifat urgent/darurat/memaksa. 

Jadi, jika Anda mengatakan harus maka pikiran bawah sadar si kecil menolaknya dan ia tidak pernah menyerap informasi apapun dari Anda. 

Baik, itulah empat kata yang sebaiknya dihindari dalam mendidik anak: jangan, tidak, akan, dan harus. Namun, terkadang kita tidak menyadari apa yang telah kita katakan. Jika sudah terlanjur mengatakan salah satu dari empat kata tersebut, segera sambung dengan kalimat positif lainnya. 

Apabila Anda ingin berkonsultasi masalah anak dan parenting hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak yang Mudah Marah (Tantrum) dengan Hipnoterapi