Inilah 2 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Jika Ingin Sembuh dari Skizofrenia!

 35 total views,  1 views today

skizofrenia

Penderita skizofrenia kesulitan untuk berpikir jernih, mengelola emosi, dan berhubungan dengan orang lain. Mereka tidak bisa hidup normal seperti teman-temannya. Meskipun ini terlihat menyedihkan, bukan berarti penderita tidak bisa hidup dengan bahagia dan penuh makna. Mereka juga bisa sembuh. Maka dari itu, pada kesempatan ini, kami ingin membagikan cara menyembuhkan skizofrenia… 

Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang ditemukan khusus untuk skizofrenia. Namun, Anda bisa mengandalkan diri Anda sendiri untuk mengatasi gejalanya dan mengikuti terapi. 

Pertama, Anda harus melakukan hal-hal berikut ini: 

1. Menenangkan Diri Terlebih Dahulu 

Berdiam diri dan tidak menerima kenyataan dirinya mengidap skizo tidak memperbaiki keadaan. Justru semakin memperparah kondisi Anda. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Mencari tau pengobatan dan self help sangat penting untuk pemulihan Anda. Mulailah dengan gaya hidup sehat, konsumsi obat, dan terapi. 

2. Fokus pada Kesembuhan Diri

Banyak stigma buruk mengenai skizofrenia tersebar di masyarakat. Jika Anda terlalu memasukkannya ke dalam hati, itu hanya memperburuk kondisi Anda. Jangan dengarkan apa kata mereka dan fokuslah untuk kebahagiaan dan kesembuhan Anda. 

3. Berkomunikasi dengan Dokter Secara Rutin

Kunjungi dokter Anda secara rutin agar perkembangan Anda terpantau. Bantu dokter memastikan jenis perawatan dan obat apa yang harus Anda dapatkan. Bersikaplah jujur dan terbuka tentang efek samping, kekhawatiran, dan masalah perawatan yang Anda jalani. 

4. Meminta Bantuan Seorang Terapis

Obat mungkin hanya mengurangi gejala saja. Oleh sebab itu, Anda perlu meminta bantuan dari seorang terapis. Terapi membantu Anda menjadi lebih rileks dan perlahan mencari tahu penyebab permasalahan Anda. 

5. Lakukan Aktivitas Anda dengan Normal

Jika Anda masih sekolah, berangkat sekolah layaknya orang lain. Jika Anda bekerja, maka tetaplah bekerja seperti sedia kala. Meskipun sakit, bukan berarti tujuan Anda berhenti begitu saja. Memiliki hubungan dan kehidupan yang baik adalah hak semua orang. Kebahagiaan Anda bisa mendorong kesembuhan Anda. 

Cara Menghindari Stress yang Bisa Memicu Gejala Schizophrenia

Berbicara tentang self help, Anda harus bisa mengelola stres dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Jangan terforsir melakukan pekerjaan di luar kendali Anda. Ketahui pasti batas Anda agar terhindar dari stres. 
  2. Membiasakan diri untuk olah nafas untuk melepaskan stres. 
  3. Mengontrol emosi membuat diri Anda semakin rileks. Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang membuat Anda sedih dan fokuslah dengan apa yang membuat Anda bahagia. ‘
  4. Tidurlah yang cukup. Kebanyakan orang dengan skizo sulit tidur nyenyak. Bahkan tidak bisa tidur sama sekali ketika malam. Namun, Anda perlu membiasakannya demi kesembuhan Anda. Buatlah jadwal tidur dan aktivitas Anda. Pada masa pengobatan, setidaknya Anda membutuhkan 8 jam untuk tidur.
  5. Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang. Jika Anda menganggap alkohol dan obat-obatan mengurangi gejala skizo, Anda salah. Itu hanya memperburuk kondisi Anda. Mulai sekarang, jangan coba melupakan masalah Anda dengan minum alkohol dan obat-obatan. 
  6. Konsumsi Makanan yang Seimbang

Mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi gejala skizofrenia. Salah satu penyebab gejala skizo adalah tidak seimbangnya kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi gula dan karbohidrat. Cobalah mengonsumsi menu makanan yang mampu meningkatkan suasana hati Anda. Misalnya: omega-3 dari ikan, minyak ikan, kenari, dan lain-lain.

Jadi, ada dua poin penting dalam mengatasi skizo, yaitu memenuhi nutrisi dan menenangkan diri. Untuk menenangkan diri, Anda bisa mengikuti hipnoterapi. Hipnoterapi mampu membuat Anda lebih rileks dan membantu mengatasi masalah Anda. Baik dari pikiran, perilaku, maupun perasaan.

Apabila Anda ingin mengikuti sesi terapi untuk mengatasi skizofrenia atau gangguan mental dan fisik lainnya, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Serangan Panik?