10 Gejala Psikosomatis dan Cara Mengatasinya

 75 total views,  1 views today

gejala psikosomatis dan pengobatannya

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia, Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya.. bertemu kembali bersama artikel kami yang baru. Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan pengetahuan yang penting untuk Anda, yaitu gejala psikosomatis dan pengobatannya. Yuk, simak artikelnya sampai selesai, dan selamat membaca :’)

Pernahkah Anda melihat seseorang yang mengeluh kesakitan pada bagian tubuh tertentu, namun setelah check up ke dokter ternyata hasilnya normal? Mungkin sebagian orang akan berasumsi bahwa orang tersebut terkena santet atau ilmu hitam. Gangguan fisik semacam itu umum terjadi pada beberapa orang. Jadi, jangan mudah menyimpulkan sesuatu, ya. 

Gejala di atas mungkin terjadi karena adanya psikosomatis. Apa itu psikosomatis? Penasaran? Silakan simak penjelasan berikut ini. 

Pengertian Psikosomatis 

Penyakit psikosomatis merupakan gangguan psikis yang berdampak pada gangguan fisik atau keluhan fisik yang disebabkan oleh pikiran yang berlebihan seperti rasa cemas, stres, kecewa, rasa berdosa dan emosi negatif lainnya.  

Gangguan fisik yang menyangkut unsur psikologis tersebut bentuknya mulai dari asma, sakit kepala, sampai sakit jantung. Gangguan psikosomatis juga dapat menyebabkan gangguan pada lambung seperti maag. 

Baca juga: Cara Mengatasi Depresi Akibat Perselingkuhan

Gejala Psikosomatis 

Tidak ada gejala yang spesifik dari psikosomatis, karena ciri-ciri psikosomatis memang beragam. Berikut ini adalah gejala-gejala psikosomatis yang umum dirasakan:

  1. Pegal-pegal
  2. Nyeri pada bagian tubuh tertentu
  3. Mual dan muntah
  4. Kembung 
  5. Sakit perut
  6. Sendawa
  7. Gatal 
  8. Kesemutan bahkan mati rasa
  9. Sakit kepala 
  10. Nyeri dada

Lalu, bagaimana cara mengatasi psikosomatis? 

Cara Mengatasi Psikosomatis

1. Mengubah Pola Hidup yang Lebih Sehat 

Meskipun penyebab psikosomatis berkaitan dengan emosi, namun tubuh fisik Anda tetap butuh asupan gizi yang cukup agar tidak memperparah gejala Anda. Pikiran mempengaruhi fisik, begitu pula sebaliknya. 

2. Mengolah Jiwa

Latihan olah jiwa bisa membantu tubuh dan pikiran Anda menjadi tenang atau rileks. Luangkan sedikit waktu untuk menenangkan diri dan tanamkan afirmasi positif kepada diri Anda dan mintalah kesembuhan dari yang Maha Kuasa. 

3. Pergi ke Dokter 

Cara terbaik dalam proses penyembuhan adalah usaha yang seimbang antara tubuh fisik dan pikiran. Andai kata Anda ingin berkonsultasi dengan psikoterapis untuk mengatasi psikis Anda, bukan berarti bahwa Anda tidak membutuhkan bantuan medis. 

4. Hipnoterapi

Metode ini bertujuan untuk menemukan solusi atas gejala fisik yang dialami melalui pikiran bawah sadar pasien. Hipnoterapi atau terapi hipnotis secara rutin sangat efektif untuk mengatasi masalah emosi Anda dan menghentikan sakit pada tubuh. 

Sudah banyak yang membuktikan bahwa hipnoterapi mampu mengatasi masalah psikis tanpa efek samping apapun. Sekarang, giliran Anda untuk membuktikannya. Anda berhak bahagia dan bebas dari psikosomatis :’) 

Baik, saya rasa penjelasan gejala dan cara mengatasi psikosomatis sudah cukup jelas. Jika Anda ingin mengikuti hipnoterapi untuk mengobati gangguan psikosomatis, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa kembali bersama artikel selanjutnya. Terima kasih.