Ciri Gangguan Kecemasan dan Cara Mengatasinya dengan Hipnoterapi 

 44 total views,  1 views today

gangguan kecemasan dan cara mengatasinya

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya.. Aamiin. Pada kesempatan yang bahagia ini, saya ingin membagikan tentang ciri-ciri gangguan kecemasan dan cara mengatasinya. Penasaran? Yuk simak artikel selengkapnya, selamat membaca :’)

Apa itu Gangguan Kecemasan?

Sebagai manusia yang memiliki perasaan, wajar jika Anda pernah cemas terhadap suatu hal. Kita biasa cemas ketika orang yang kita cinta tak kunjung pulang, menunggu pengumuman kelulusan, dan lain-lain. Namun, tahukah Anda jika kecemasan yang berlebih dan berlangsung lama bisa mengganggu kesehatan mental? Gangguan mental karena kecemasan yang berlebihan biasa disebut gangguan kecemasan atau anxiety. 

Gangguan kecemasan sendiri merupakan kondisi di mana kondisi mental terganggu yang membuat seseorang khawatir dan takut berlebihan dalam menghadapi situasi tertentu. 

Ciri-Ciri Gangguan Kecemasan

Gejala umum atau ciri-ciri gangguan kecemasan antara lain:

  1. Khawatir berlebihan yang terjadi hampir setiap hari, dan mengganggu kegiatan sehari-hari, serta sulit berkonsentrasi
  2. Waspada berlebihan yang berefek pada kencangnya detak jantung, telapak tangan yang berkeringat, tangan gemetar, dan mulut kering.
  3. Mudah lelah akibat gelisah yang berlebihan. 
  4. Mudah tersinggung dan mudah marah.
  5. Sering mengalami ketegangan otot.
  6. Sama halnya dengan penyakit mental lainnya, seseorang yang mengalami kecemasan akan susah tidur. 
  7. Kecemasan berlebih juga bisa menyebabkan panik. 
  8. Tidak nyaman berada di sekitar orang lain da cenderung menarik diri dari kehidupan sosial. 
  9. Ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu yang tidak logis.

Cara Mengatasi Anxiety Disorder

Pada dasarnya, beberapa jenis gangguan mental memiliki ciri-ciri yang hampir sama. Maka dari itu, penanganannya pun hampir sama, yaitu menjalani pengobatan dan terapi untuk pemulihan psikologi penderitanya.

Pengobatan untuk Gangguan Kecemasan

Pengobatan untuk penderita gangguan kecemasan berfokus pada pengurangan gejala kecemasan. Maka dari itu, penderita yang berkonsultasi dengan dokter psikiatri biasanya menerima obat seperti anti depresan dan obat penenang. 

Efek dari obat ini bersifat sementara. Oleh karena itu, banyak penderita gangguan mental yang harus mengonsumsi obat selama hidupnya. 

Terapi 

Terapi yang dibutuhkan oleh para penderita gangguan kecemasan adalah terapi yang bisa menyembuhkan pikirannya. Mengapa pikirannya? Karena gangguan mental bersumber dari pikiran manusia. Salah satu terapi yang efektif adalah hipnoterapi. 

Hipnoterapi merupakan cara mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dengan memanfaatkan teknik hipnosis dan menanamkan sugesti. Dalam hal ini, seorang hipnoterapis akan membantu klien untuk menemukan masalah yang menyebabkan kecemasan. Kemudian berfokus pada penyelesaian dengan menanamkan sugesti ke pikiran bawah sadar klien. 

Dengan hipnoterapi, perubahan pada pasien setelah menerima sugesti akan bertahan lama dan tentunya tanpa efek samping. 

Bagaimana Anda bisa mendapatkan layanan hipnoterapi? Kabar baik buat Anda, Anda bisa mengikuti sesi hipnoterapi dengan cara menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sudah banyak yang membuktikan hipnoterapi untuk mengatasi berbagai gangguan mental. Kini, giliran Anda untuk membuktikannya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Mood Swing dengan Hipnoterapi

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.