Mengatasi Depresi Saat Pandemi

 41 total views,  1 views today

mengatasi depresi saat pandemi

Di tengah pandemi COVID-19, kita sering terbebani oleh tekanan. Salah satunya WFH. Banyak orang mengeluh stres selama pandemi. Tentu ini juga semakin menambah angka depresi saat pandemi.

Selain tekanan yang Anda rasakan secara mental, banyak orang juga mengeluh kesakitan secara fisik. Terbatasnya aktivitas di luar rumah menjadi salah satu penyebabnya. 

Bagaimana COVID-19 Mempengaruhi Depresi?

Dunia sedang sedih menerima kenyataan ini. Bahkan ketika beberapa tempat mulai buka kembali setelah berbulan-bulan. Anda mungkin telah kehilangan pekerjaan, berjuang secara finansial, dan khawatir tentang kapan ekonomi akan meningkat. 

Anda mungkin berduka karena kehilangan orang yang Anda cintai atau kehidupan Anda sebelum pandemi. Atau, merasa frustasi karena jarak sosial yang berkelanjutan. Hidup di era virus korona dapat berdampak besar pada suasana hati Anda.

Manusia adalah makhluk sosial. Jika segala aktivitas sosial terbatas seperti ini, stress, frustasi, dan depresi pun sulit dihindari. Untuk meredam semua itu, kami mempunyai tips untuk Anda.

Cara Mengatasi Depresi Saat Pandemi

1. Pikirkan Kemungkinan Terburuk untuk Kembali Bangkit

Menemukan motivasi untuk kembali semangat mungkin tidak mudah. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kendali atas suasana hatinya. Coba pikir ulang dampak negatif jika Anda membiarkan depresi terus menemani Anda. Berangkatlah dari situ, mungkin motivasi Anda tumbuh dari sana. 

2. Melakukan Kegiatan Lain yang Belum Pernah Anda Lakukan

Cobalah sesuatu yang baru. Memulai hobi baru adalah hal yang sangat seru. Belajar main musik, atau belajar bahasa asing misalnya. Selain mengalihkan perhatian, waktu Anda pun tidak terbuang sia-sia.

Menyibukkan diri dengan hal-hal baru bisa menghindari kebosanan. Anggaplah Anda sedang bersiap untuk menghadapi masa depan yang lebih menantang. Jangan takut mencari hal baru karena itu menyenangkan!

3. Olahraga Secara Rutin dan Berlatih Self Hypnosis

Karena terbatas aktivitas di luar rumah, usahakan untuk olahraga secara rutin. Selain menyehatkan secara fisik, olahraga juga bisa memperbaiki suasana hati dan mental Anda. Anda tidak perlu pergi ke tempat fitness untuk olahraga, karena olahraga dari rumah sudah cukup. 

Jika Anda tidak memiliki peralatan untuk gym, cobalah untuk berolahraga seperti senam. Anda bisa melihat instruktur olahraga dari internet. 

Untuk melengkapi olahraga Anda, lanjutkan dengan berlatih self hypnosis. Self hypnosis bisa membantu Anda lebih rileks. Sehingga, Anda tetap sehat secara mental dan fisik meskipun di rumah saja. Itulah yang terpenting!

Ketiga hal tersebut bisa Anda lakukan di sela waktu WFH Anda. Jadi, meskipun Anda di rumah, Anda tetap bisa produktif. Dan yang terpenting tidak larut dalam kebosanan yang bisa memicu depresi. 

Apabila Anda membutuhkan seorang terapi untuk mengatasi masalah Anda, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus Secara Mudah dengan Self Hypnosis