Contoh Sugesti Positif untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

 38 total views,  1 views today

contoh sugesti positif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak

Contoh sugesti positif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak – Hai, sahabat Hipnoterapis Indonesia di manapun Anda berada. Semoga selalu dalam keadaan baik, ya. Kali ini saya kembali dengan topik yang sangat menarik untuk Anda, khusunya Anda yang ingin tahu cara mendidik anak dengan efektif. Segera temukan jawabannya di artikel ini.

Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak

Orang tua memiliki peran yang sangat penting untuk perkembangan anaknya. Minimnya wawasan orang tua dalam mendidik anak akan berdampak buruk bagi perkembangan anak. Tidak sedikit orang tua yang berpikir bahwa mendidik dengan tegas dan keras adalah metode yang paling efektif agar anak menurut. Justru, metode seperti itu akan menjatuhkan mental anak karena anak akan selalu berpikir bahwa ketika dia berbuat kesalahan, maka akan dimarahi bukan diarahkan. Mental anak akan mudah tertekan. Sehingga, anak akan tumbuh menjadi seorang yang penakut, minder, dan kurang percaya diri.

Mendidik anak dengan tegas itu baik. Namun, yang perlu diingat adalah menjadi tegas bukan berarti keras, ya. Anda, sebagai orang tua tetap bisa menjadi sosok orang tua yang tegas tapi juga lembut, sehingga anak-anak akan merasa nyaman berada di dekat Anda. Lalu, bagaimana cara menjadi sosok orang tua yang tegas namun tetap lembut? Daripada memarahi anak, Anda cukup menasehatinya dengan kalimat-kalimat positif yang sifatnya mempengaruhi. Apa keunggulan dari menanamkan sugesti-sugesti positif untuk anak? Dengan memberikan sugesti positif, anak akan lebih mudah menyerap apa yang Anda katakan secara terbuka dan tidak terpaksa.

Contoh Sugesti Positif untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Berikut ini adalah contoh sugesti positif yang bisa Anda gunakan untuk mendidik anak Anda di rumah dengan sangat mudah, sehingga, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan lebih percaya diri.

1. Berikan sugesti di sela-sela waktu bercanda

Anda bisa memberikan sugesti-sugesti positif saat sambil menonton tv atau bermain. Misalnya “anak mama hebat, anak mama cepat banget menangkap cerita filmnya dengan baik.” Anda bisa sambil mencubit pipinya atau menciumnya.

2. Berikan sugesti positif saat di luar rumah

Meskipun anak pergi ke sekolah atau bermain, namun Anda tetap bisa membersamainya dengan memberikan sugesti positif dengan memanfaatkan note atau tulisan. Misalnya “kamu anak yang pintar, berani, dan hebat. Mama dan Papa sayang kamu. Di manapun kamu berada ingat ya kami selalu mendoakanmu dan mendukungmu :’).”

3. Apresiasi anak Anda dengan pujian

Memberi pujian kepada anak Anda untuk setiap kegiatan akan meningkatkan performa otak dan tentunya meningkatkan rasa percaya diri anak. Anak akan merasa bahwa apa yang telah dilakukannya adalah hal baik. Contoh kalimat untuk memuji anak Anda: “good job, manis. Kamu hebat dan pintar nak, pertahankan ya.

4. Sapalah saat bangun tidur.

Saat bangun tidur adalah waktu terbaik untuk memberikan sugesti positif untuk anak Anda. Misalnya “Selamat pagi, anak Ibu dan Ayah. Ayah dan Ibu sayang kamu. Kamu anak Ayah dan Ibu yang terbaik.

5. Berikan sugesti saat menjelang tidur.

Selain saat bangun tidur, waktu yang juga efektif untuk mensugesti anak adalah menjelang tidur. Temani anak Anda sambil mensugesti “Istirahat ya nak, tidur yang nyenyak. Anak Ibu dan Ayah hari ini sudah melakukan yang terbaik”

Dukungan dan kasih sayang tak terhingga dari orang tua akan membuat anak lebih percaya diri dan tentunya lebih dekat dengan Anda. Mulai dari sekarang, coba praktekkan cara-cara di atas untuk anak-anak Anda dan rasakan perubahannya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Jika Anda berminat untuk mengikuti pelatihan hypnoparenting, segera daftarkan diri Anda dengan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation) di nomor 085329999633. Atau klik link di bawah ini:

Sampai jumpa di artikel selanjutnya :’)