Contoh Sugesti Negatif yang Bisa Menjatuhkan Mental Anak

 33 total views,  2 views today

contoh sugesti negatif yang dapat menjatuhkan mental anak

Contoh sugesti negatif  – Hai, sahabat Hipnoterapis Indonesia. Pada kesempatan ini, saya akan membagikan artikel tentang sugesti yang bisa menjatuhkan mental anak. Yuk, disimak sampai selesai.

Perasaan Anak itu Penting

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Baik dari segi kognitif maupun fisik. Tak jarang, banyak orang tua yang menggunakan berbagai metode parenting untuk anaknya. Tentu tidak ada patokan yang pasti dalam hal mendidik, karena karakter bawaan anak berbeda-beda di setiap keluarga. Yang pasti semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya.

Pesan yang ingin saya sampaikan pada artikel kali ini adalah jangan terlalu fokus terhadap hasil didikan Anda, sehingga Anda lupa bagaimana perasaan anak Anda sendiri. Jangan sampai anak Anda merasa tertekan karena Anda.

Apa yang perlu diperhatikan dalam hal mendidik anak? Mental anak! Banyak hal yang harus diperhatikan dalam mendidik anak. Salah satunya adalah kesehatan mental. Mengapa mental anak penting untuk diperhatikan? Mental ini nantinya akan berpengaruh besar pada perkembangan anak seperti, perkembangan kognitif, emosi, dan fisik.

Dampak  Sugesti Negatif pada Anak

Secara tidak sadar, orang tua sering memaksakan kehendak untuk anaknya. Mungkin maksudnya baik, tapi terkadang orang tua lupa bagaimana perasaan anaknya. Memaksakan sesuatu dengan menggertak atau berbicara dengan nada tinggi bisa berujung pada penjatuhan mental anak. Akibatnya, mereka akan sulit berkembang. Pola asuh yang salah akan berdampak negatif pada anak, seperti:

  1. Anak akan mudah takut
  2. Tidak percaya diri
  3. Selalu menyalahkan dirinya sendiri
  4. Sulit berkomunikasi dengan orang lain
  5. Berkurangnya kemampuan kognitif anak (kecerdasan)

Contoh Sugesti Negatif

Anda tidak mau kan anak Anda terhambat perkembangannya karena pola asuh Anda yang salah? Maka hindari perkataan yang tidak baik di depan anak. Di sini, saya akan menjelaskan contoh-contoh sugesti negatif yang tidak boleh Anda lakukan.

1. Melabeli “Anak Nakal” dan berkata kasar

Berhenti memanggilnya anak nakal, bodoh, gendut, pemalas, dan lain sebagainya. Sejak kecil, anak sudah peka. Memberi label mereka akan memunculkan sugesti negatif yang tertanam kuat dalam alam bawah sadarnya. Hal ini akan berdampak pada perkembangan psikis sang anak, seperti: tidak percaya diri, tidak mudah mudah bergaul, dan lain-lain.

2. Membanding-bandingkan anak dengan orang lain.

Kasus semacam ini sering terjadi, bahkan orang terdekat saya pun mengalaminya. Perlu digaris bawahi bahwa membandingkan-bandingkan anak dari segi apapun bukanlah hal yang baik. Justru anak akan merasa menjadi seseorang yang tidak berguna. Jadi, berhentilah membandingkan anak Anda dengan temannya, saudara kandung, atau yang lainnya. Sebab, mereka mempunyai bakat dan minat yang berbeda.

3. Memarahi anak di depan umum

Menjadi orang memang bukan perkara yang mudah. Ada kalanya kita kehilangan kontrol dan refleks memarahi anak di depan umum. Tindakan itu tidak dapat dibenarkan meskipun anak memang melakukan kesalahan. Sebab, anak akan malu dan merasa tertindas. Akibatnya, anak sulit mengubah perilakunya.

4. Menuntut anak berlebihan

Menuntut anak menjadi apa yang kita mau juga termasuk sugesti negatif. Sebagai orang tua, kita harus mengarahkan bukan memaksakan.

5. Memanjakan anak

Memberikan yang terbaik untuk anak memang kewajiban kita sebagai orang tua. Tapi ingat, terlalu memanjakan anak dan membatasi jangkauan anak (overprotective) juga bisa menjatuhkan mental anak. Anak akan tersugesti untuk selalu hidup dalam kemudahan dan menerima uluran tangan. Akibatnya, anak tak siap menghadapi lingkungan yang baru ketika dewasa.

Penjelasan di atas merupakan sebagian kecil sugesti-sugesti negatif yang bisa menjatuhkan mental anak. Semoga kedepannya, kita bisa menjadi orang tua yang lebih baik untuk anak-anak.

Sampai saat ini sudah banyak orang tua telah berhasil mendidik anaknya menjadi lebih baik dengan bantuan Hypnoparenting. Daftarkan diri Anda dengan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation) di nomor 085329999633. Atau klik link di bawah ini.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.