Cara Mensugesti Diri Sendiri untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

 32 total views,  1 views today

cara mensugesti diri sendiri untuk menyembuhkan penyakit

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungannya, yaa. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tentang sugesti dan cara mensugesti diri sendiri untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Sugesti Mampu Menyembuhkan Penyakit?

Pernah suatu hari klien saya cerita tentang penderitaannya. Ia tidak bisa berjalan karena suatu penyakit yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Karena ia tidak bisa berjalan, ia dianjurkan untuk mengonsumsi obat penurun kolesterol dan asam urat hingga 5 kali sehari. Namun, tidak ada perubahan sama sekali, justru gejalanya semakin parah. Kemudian, ia mulai berpikir bahwa semakin ia membiarkan penyakit ini, semakin ia menderita. Alhasil, klien saya mulai memberontak, ia tidak mau lumpuh dan ia harus sembuh. 

Apa yang ia lakukan? Ia meyakinkan dirinya sendiri bahwa esok hari ia akan sembuh. Sembari ia memanjatkan do’a kepada Tuhan, ia meyakinkan dirinya dalam hati “Setiap kali hari berganti, rasa sakitku akan semakin berkurang..” Tidak lama setelah ia melakukannya, ia bisa berjalan kembali dengan normal, tanpa obat dan tanpa perawatan apapun. 

Saya pun membenarkan tentang kekuatan keyakinan yang klien saya sampaikan. Mengapa? karena saya sendiri pernah merasakan nyeri dada yang amat sakit. Saya pun berkata kepada diri saya sendiri “saya rileks, saya rasakan rasa sakit ini semakin hilang dan saya nyaman.” Keesokan harinya, rasa nyeri itu hilang dan saya kembali beraktivitas dengan normal. 

Cara Mensugesti Diri Sendiri

Sugesti merupakan kalimat atau ujaran positif yang ditujukan kepada orang lain maupun diri sendiri. Sugesti yang baik harus didorong dengan keyakinan (belief) yang kuat. Yang sering menjadi pertanyaan adalah “mampukah saya mensugesti diri sendiri?” Jawabannya tentu bisa! Asalkan Anda yakin dengan apa yang Anda sampaikan kepada diri Anda. 

Cukup luangkan waktu Anda selama kurang lebih 10 menit lalu rilekskan tubuh dan pikiran sampai Anda siap menerima sugesti. Berikut ini, ada sedikit panduan untuk Anda dalam menyampaikan sugesti untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit:

  1. Ambil posisi duduk atau berbaring. Pilih mana saja yang membuat Anda tenang. Jika Anda seorang muslim, waktu yang tepat untuk mensugesti diri sendiri adalah setelah shalat. 
  2. Tarik nafas panjang, lalu hembuskan perlahan melalui hidung.
  3. Lakukan langkah sebelumnya sampai Anda benar-benar rileks dan nyaman. 
  4. Setelah itu, sampaikan kepada diri Anda dengan penuh “Apapun penyakit saya, rasa sakit ini semakin berkurang setiap harinya, dan saya pasti sembuh”
  5. Sampaikan kalimat tersebut beberapa kali sampai Anda merasa nyaman dan cukup. 

Sugesti yang Anda sampaikan tersebut masuk ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Pikiran bawah sadar Anda memproses sebuah solusi yang telah Anda tanamkan melalui pikiran bawah sadar Anda sebelumnya. Coba lakukan tips tersebut untuk Anda dan semoga selalu sehat. Aamiin..

Baik, saya rasa penjelasan tentang cara mensugesti diri sendiri untuk menyembuhkan penyakit sudah cukup. Jika Anda memiliki masalah berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku, silakan berkonsultasi dengan Master kami dengan cara menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: 10 Gejala Psikosomatis dan Cara Mengatasinya