5 Skill yang Harus Dimiliki Oleh Customer Service Agar Mampu Menghipnotis Pelanggan

 33 total views,  1 views today

cara menjadi customer service yang baik

Pernahkah Anda komplain karena barang yang Anda pesan tidak sesuai? Bagaimana kira-kira tanggapan customer service terhadap keluhan Anda? Ya, sebagai seorang customer yang baik, tentu mereka tetap senyum dan menerima keluhan Anda dengan baik, serta membantu mengatasi masalah Anda. Lalu, bagaimana cara menjadi seorang customer service yang baik?

Apakah kemampuan customer service di atas dimiliki setiap orang? Menjadi seorang customer service harus memiliki kemampuan khusus untuk menciptakan pelayanan yang maksimal. Faktanya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mempelajari kemampuan itu. 

Tugas Penting Seorang Customer Service

Customer service memiliki pengaruh besar terhadap perusahaan. Karena customer service memiliki tugas penting yang menentukan kelancaran suatu bisnis, antara lain:

  1. Membantu pengenalan produk baru (launching produk);
  2. Membangun minat pelanggan terhadap produk; 
  3. Menghadapi keluhan pelanggan berupa komplain ataupun kekecewaan;
  4. Membangun citra perusahaan; 
  5. Membangun hubungan baik dengan pelanggan untuk membuat pelanggan loyal. 

Oleh sebab itu, banyak perusahaan sangat selektif dalam merekrut karyawan yang akan mengisi meja customer service. Setidaknya, ada 5 kemampuan yang akan menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk menerima Anda. 

5 Skill yang Harus Dimiliki oleh Customer Service

1. Clear Communication

Komunikasi adalah skill wajib yang harus Anda miliki. Jika Anda tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Anda akan kesulitan untuk melakukan pekerjaan ini. Karena inti dari tugas customer service adalah meyakinkan pelanggan dengan bahasa yang persuasif, jelas, dan mudah dipahami. Untuk itu, Anda harus membekali diri dengan skill komunikasi yang mumpuni untuk melayani pelanggan dengan baik. 

2. Patience 

Skill selanjutnya yang harus Anda miliki adalah kesabaran. Customer service pasti akan menerima banyak pertanyaan dari pelanggan. Mulai dari calon pelanggan yang hanya penasaran pada suatu produk tanpa membeli, sampai dengan pelanggan yang komplain secara terus menerus.  Jadi, Anda harus memiliki kontrol yang luar biasa agar bisa menenangkan emosi Anda sendiri dan emosi pelanggan. 

3. Listening Skill 

Selain skill komunikasi yang bagus, Anda juga harus memiliki kemampuan mendengarkan pelanggan. Menjadi seorang customer service harus siap mendengarkan masalah dan kebutuhan pelanggan. Jangan sampai Anda membuat klien Anda mengulang maksudnya untuk Anda, karena bisa menurunkan kredibilitas Anda sebagai seorang customer service. 

Oleh sebab itu, Anda harus memiliki konsentrasi penuh saat bekerja. Dengan begitu, Anda bisa mendengarkan customer dengan baik dan mengetahui apa yang diinginkan oleh customer. 

4. Empathy 

Selain kesabaran, Anda juga harus memiliki empati yang tinggi terhadap customer. Empati bisa membantu mengetahui apa yang dirasakan oleh customer Anda. Saat Anda bisa merasakan kesulitan yang mereka alami, maka mempermudah Anda untuk mempengaruhi dan memberikan pelayanan terbaik. 

5. Product and Service Knowledge 

Salah satu tugas customer service adalah mengenalkan produk kepada pelanggan. Untuk Anda harus benar-benar memperhatikan briefing dari perusahaan mengenai produk baru maupun produk lama. Jangan sampai Anda tidak paham tentang produk atau jasa dari perusahaan saat customer menanyakannya. 

Baik, itulah lima kemampuan yang wajib Anda miliki untuk menjadi customer service yang baik. Dengan kemampuan tersebut, Anda menjadi lebih mudah melayani dan mempengaruhi pikiran bawah sadar pelanggan. Sehingga, Anda bisa menembus closing dengan cepat. 

Selain kemampuan tersebut, Anda juga perlu menguasai bagaimana menjadi customer service yang disukai oleh banyak orang dan apapun yang Anda tawarkan akan mereka terima dengan baik. 

Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti Pelatihan Hypno Customer Service dari Indonesian Hypnosis Association. Pelatihan ini diselenggarakan khusus untuk Anda yang ingin menjadi customer service yang mampu memberikan pelayanan prima. Selain itu, para front liner perusahaan juga bisa mengikuti pelatihan ini. Ilmu ini nantinya bisa Anda terapkan kepada para customer service yang bekerja di tempat Anda. 

Untuk informasi pendaftaran dan jadwal pelatihan silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.