7 Cara Paling Efektif untuk Meningkatkan Self Esteem (Menghargai Diri Sendiri)

 19 total views,  1 views today

cara meningkatkan self esteem

Banyak sekali isu mengenai self esteem di seluruh dunia. Perubahan gaya hidup yang signifikan memberikan dampak yang berbeda bagi setiap orang. Sebagian orang yang mampu menyesuaikan mungkin memiliki self esteem yang tinggi. Namun, sebagian lainnya mungkin tidak memiliki cukup keyakinan untuk terus bersaing dengan yang lainnya. Setiap orang berhak tahu cara meningkatkan self esteem untuk meraih kebahagiaannya. 

Ketidakyakinan tersebut memicu adanya harga diri yang rendah. Orang dengan self esteem yang rendah cenderung  melihat dirinya sendiri sebagai orang yang tidak dapat diterima, tidak berharga, tidak dapat dicintai, dan tidak kompeten. 

Keyakinan ini menciptakan pikiran negatif terhadap diri sendiri yang memengaruhi perilaku dan pilihan hidup. Jika dibiarkan tentu ada dampak yang semakin buruk terutama terhadap kesehatan mental seseorang. 

Apa yang Menyebabkan Harga Diri Rendah?

1. Komentar dari Lingkungan Sekitar 

Harga diri yang rendah sering kali dimulai sejak masa kanak-kanak. Pada masa sekarang siapapun bisa dengan mudah mengirimkan komentar tentang kita. Termasuk di dalamnya guru, teman, saudara, orang tua, dan bahkan media mengirimkan komentar positif dan negatif tentang diri kita.

Untuk beberapa alasan, pesan bahwa Anda tidak cukup baik adalah pesan yang wajar, karena kita tidak bisa membuat semua orang suka kepada kita. Hal ini menyebabkan self esteem seseorang menjadi rendah. 

2. Ekspektasi yang Tidak Terpenuhi

Mungkin Anda merasa sulit untuk memenuhi ekspektasi orang lain terhadap Anda, atau ekspektasi Anda sendiri.

Selain itu, stres, kejadian traumatik, seperti penyakit serius atau duka cita, dapat berdampak negatif pada harga diri.

3. Pikiran Negatif 

Ada sebagian orang yang sulit untuk menghadirkan prasangka baik pada dirinya. Alhasil, ia selalu berpikiran negatif dan selalu merasa khawatir karena pandangan orang lain. 

Cara Meningkatkan Self Esteem

1. Fokus Pada Hari Ini

Fokus untuk memaksimalkan hidup pada saat ini sangat efektif untuk mengurangi beban pikiran Anda. Setidaknya Anda tidak perlu khawatir bagaimana Anda bertahan di masa depan atau terpengaruh kejadian di masa lalu yang tidak menyenangkan. Cobalah!

2. Tidak Mudah Larut dalam Kesedihan

Sesekali boleh Anda bersedih, namun jangan biarkan itu terlalu lama. Kalau Anda sendiri bersedih, siapa yang akan mengatasi ketakutan Anda? Tidak ada! Bangkitlah untuk kebahagiaan Anda. 

3. Menulis Buku Harian 

Banyak dari pikiran dan perasaan kita terkunci dalam pikiran bawah sadar kita dan tulisan dapat membantu Anda untuk mengontrolnya. Tuliskan hal positif yang ingin Anda capai, dan coret semua hal negatif yang tidak Anda inginkan. 

Selain itu, menulis apa yang Anda pikirkan ke dalam buku mampu mengurangi beban pikiran Anda. 

4. Tidak Mudah Menghakimi

Fokus terhadap apa yang ingin Anda inginkan. Abaikan semua perlakuan buruk orang lain, sekalipun itu kepada Anda. 

5. Merilekskan Tubuh dan Pikiran

Jika Anda merasa lelah, tidak perlu memaksakan diri. Ambil posisi yang tenang, tarik nafas, dan afirmasikan kalimat-kalimat positif yang memotivasi Anda. 

6. Let it Go!

Ketika Anda melepaskan apa yang menurut Anda harus dilakukan atau menjadi siapa Anda seharusnya, Anda dapat mempercayai diri sendiri dan memilih apa yang tepat untuk Anda. Pada akhirnya, self esteem Anda akan kembali. 

7. Tunjukkan Kasih Sayang Terhadap Diri Anda Sendiri

Anda berhak mendapatkan cinta seperti halnya orang lain. Jadi, sebelum Anda berniat membahagiakan orang lain, pastikan Anda merasakan bahagia terlebih dahulu. 

Mulai sekarang, cintai diri sendiri dan raih kebahagiaan Anda dengan cara Anda sendiri. Selama Anda tidak merugikan yang lain, fokuslah hanya pada diri Anda, bukan yang lain!

Apabila Anda ingin berkonsultasi tentang masalah Anda, dan ingin mendapatkan solusi dari kami, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Ampuh! Cara Mengatasi Obesitas dengan Hipnoterapi