Cara Meningkatkan Memori Agar Menjadi Lebih Baik

 29 total views,  1 views today

cara meningkatkan memori anak agar menjadi lebih baik

Cara Meningkatkan Memori Agar Menjadi Lebih Baik – Hai Sahabat Hipnoterapis Indonesia di manapun Anda berada. Semoga sehat selalu, ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang bagaimana cara meningkatkan memori agar menjadi lebih baik. Silakan disimak sampai selesai, ya :’)

Apa itu Memori?

Apa itu memori? Memori bisa dikatakan sebagai tempat untuk menangkap informasi melalui panca indra manusia. Memori memiliki peran yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia mengandalkan memori untuk melakukan aktivitas apapun. Memori memiliki tiga fungsi:

Pertama, memori berfungsi sebagai tempat masuknya informasi (encoding). 

Kedua, memori berfungsi untuk menyimpan informasi (storage).

Ketiga, memori berfungsi untuk mengeluarkan kembali informasi yang telah disimpan (retrieval).

Memori merekam dengan baik apa yang terjadi dan apa yang direncanakan oleh manusia. Sayangnya, memori ini mempunyai keterbatasan dalam mengeluarkan informasi yang telah disimpan. Singkatnya, kondisi itu disebut penurunan daya ingat atau lupa.

Penyebab Hilangnya Memori

Apa sih yang membuat kelupaan dalam sebuah memori?

  1. Ingatan yang tersimpan jarang ditimbulkan kembali, sehingga ingatan itu perlahan memudar dan hilang. Contoh, Anda pernah menguasai salah satu bahasa asing, namun karena jarang digunakan untuk komunikasi, maka kemampuan bahasa Anda akan menurun.
  2. Ingatan memori yang sudah lama sekali disimpan. Misalnya, sewaktu kecil Anda pernah mempunyai teman main maka belum tentu Anda mengingat namanya lagi setelah bertemu karena sudah lama.
  3. Kegagalan mengingat memori disebabkan intervensi/gangguan.
  4. Sengaja melupakan hal-hal yang tidak menyenangkan.
  5. Adanya perubahan fisik di otak. Bisa karena penuaan atau gangguan fisik. Ini biasanya dialami oleh orang tua yang mengalami penurunan performa otak lebih cepat dibandingkan anak muda pada umumnya.

Cara Meningkatkan Memori Agar Menjadi Lebih Baik

Bagaimana cara agar memori kita bisa bertahan lama di dalam otak dan tidak mudah lupa?

1. Hentikan kebiasaan multi-tasking

Mengerjakan banyak hal dalam satu waktu menyebabkan memori tidak mampu menyerap informasi dengan baik.

2. Menulis

Menulis dengan tangan merangsang otak untuk memproses dan menganalisis informasi sebelum menuliskannya, sehingga memungkinkan Anda untuk mengingat lebih banyak informasi.

3. Mempelajari bahasa baru

Ketika mempelajari bahasa baru ada proses di mana otak akan menganalisa dan membedakan bahasa ibu (misalkan Bahasa Indonesia) dengan bahasa baru. Cara ini memberikan efek positif yang sangat besar terhadap ingatan.

4. Bermain alat musik

Bermain musik sangat efektif untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Tidak hanya bermain, mendengarkan musik juga membantu meningkatkan daya ingat manusia. Anda bisa mencobanya.

5. Tidur yang berkualitas

Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan daya ingat Anda. Otak juga membutuhkan tidur untuk menumbuhkan sel-sel otak yang baru.

6. Menjaga pola hidup sehat

Berolahraga yang teratur dapat meningkatkan suplai darah ke otak yang pastinya membuat otak semakin sehat. Selain olahraga, asupan makanan yang bergizi juga efektif untuk meningkatkan daya ingat seseorang.

Keenam cara di atas bisa Anda lakukan dengan mudah dan tentunya efektif. Apabila Anda menginginkan cara yang cepat Anda bisa melakukan self-hypnosis. 

Sampai saat ini sudah banyak orang telah berhasil mengubah hidupnya menjadi lebih baik dengan bantuan Hipnoterapi dan Self Hypnosis. Sekarang Giliran Anda untuk membuktikannya.

Segera Daftarkan diri Anda dengan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation) di nomor 085329999633. Atau klik link di bawah ini:

Demikian, artikel cara meningkatkan memori agar menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih