Cara Mudah Menghentikan Kebiasaan Buruk

 21 total views,  1 views today

cara menghentikan kebiasaan buruk

Pernahkah Anda merasa semakin Anda ingin menghilangkan kebiasaan buruk, semakin Anda ingin melakukannya? Hal ini karena kita memiliki kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang terjadi secara berulang. Oleh sebab itu, menghilangkan kebiasaan buruk yang sudah lama sulit dilakukan. Lalu, bagaimana cara mudah menghentikan kebiasaan buruk dalam diri kita? 

Banyak dari kita mampu mengonsumsi makanan cepat saji, menyalakan rokok, menghabiskan waktu untuk media sosial, atau duduk di sofa untuk menonton TV setelah bekerja. Tanpa sadar, kejadian tersebut berulang dalam waktu yang cukup lama. 

Tapi sekarang, berdasarkan penelitian ilmu saraf, kita dapat memanfaatkan kekuatan otak kita untuk menghentikan kebiasaan buruk kita dan membangun kebiasaan yang lebih baik. Berikut cara untuk mulai melakukan ini:

Ganti Kebiasaan Buruk Dengan yang Lebih Baik

Menghentikan kebiasaan yang tidak diinginkan menjadi lebih mudah jika kita menggantinya dengan alternatif yang lebih bermanfaat. Misalnya, saat Anda ingin berhenti merokok tetapi pada saat itu Anda ingin sekali merokok, coba lah untuk olahraga. 

Selain tubuh menjadi sehat, di dalam pikiran bawah sadar Anda juga tertanam sugesti bahwa diri Anda menjadi lebih sehat dengan olahraga. 

Minta Dukungan dari Orang Terdekat

Dukungan dari orang lain mempengaruhi hasil perubahan Anda. Misalnya, jika Anda ingin berolahraga, carilah partner olahraga. Bertahun-tahun yang lalu saya biasa tidur pada hari Sabtu pagi. Kemudian, saya ingin mengubah kebiasaan buruk saya itu. Saya putuskan untuk mengikuti kegiatan amal dan saya mengajak teman untuk menemani agar saya tetap konsisten. 

Pikirkan Kemungkinan Terburuk

Mengingat selalu kemungkinan terburuk jika Anda tidak segera berubah sangat efektif untuk membantu Anda agar tetap konsisten. Lakukan self talk saat Anda mulai goyah. Jadikan diri Anda sendiri sebagai reminder atau pengingat. Sehingga, saat Anda mulai menyerah, Anda akan teringat kegagalan yang akan lebih mempersulit Anda pada masa mendatang. 

Terakhir, saat Anda mengambil langkah-langkah ini, bersabarlah dengan diri Anda sendiri. Tindakan kecil dari waktu ke waktu dapat menghasilkan hasil yang besar! 

Namun, jika Anda merasa tidak bisa mengatasi masalah Anda sendiri, silakan berkonsultasi dengan terapis kami. Anda akan dibimbing untuk mencari solusi yang tapat. Untuk informasi pendaftaran dan jadwal terapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mensugesti Diri Sendiri untuk Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit