Cara Mengatasi Phobia dengan Hipnoterapi

 73 total views,  1 views today

cara mengatasi phobia dengan hipnoterapi

Cara Mengatasi Phobia – Hai Sahabat Hipnoterapis Indonesi! Bagaimana kabaranya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tentang phobia dan cara mengatasinya. Simak penjelasannya dan selamat membaca :’)

Phobia adalah ketakutan yang berlebihan pada hal-hal tertentu, seperti ketinggian, ruang tertutup, darah atau hewan tertentu. Beberapa jenis fobia bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas. 

Phobia bisa dialami oleh siapa saja, namun umumnya orang mulai menderita fobia sejak usia remaja sampai dengan 30 tahunan. Untuk orang yang mengalami fobia ringan mungkin bisa mengatasi rasa takutnya sendir. Namun, untuk fobia yang kompleks perlu membutuhkan treatment khusus (penyembuhan). 

Penyebab Phobia

Karena pada dasarnya, fobia disebabkan oleh perasaan takut yang berlebihan, maka fobia bisa Anda sembuhkan hanya jika Anda mengetahui penyebab dari fobia itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan penyebab berdasarkan jenisnya:

1. Fobia Kompleks

Fobia kompleks biasanya berkembang saat dewasa. Penyebab fobia kompleks sangat beragam, seperti: kesehatan mental dan masalah psikologis. 

Contohnya adalah fobia sosial seperti demam panggung atau takut berbicara di depan orang banyak. Selain itu, ada rasa takut pada tempat atau situasi tertentu (agoraphobia)

2. Fobia Simpel

Fobia simpel merupakan fobia terhadap sesuatu secara spesifik, seperti: fobia hewan tertentu, fobia ketinggian, fobia lubang kecil yang saling berdekatan, dan lain-lain. 

Penderita fobia simpel biasanya anak-anak hingga remaja. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko fobia simpel adalah sebagai berikut: 

  • kondisi traumatis sewaktu kecil
  • faktor lingkungan keluarga (anggota keluarga yang juga menderita fobia)
  • faktor lingkungan, misalnya: ditakuti oleh teman-temannya.

Penyembuhan Phobia

Itulah penyebab fobia yang harus Anda waspadai, jika Anda atau orang sekitar Anda mengalami fobia yang sering mengganggu aktivitasnya, segera konsultasikan kepada dokter. Fobia yang dibiarkan, akan menimbulkan gangguan yang lebih parah seperti gangguan suasana hati, depresi, hingga depresi. 

Selain berkonsultasi dengan dokter, cara efektif untuk menyembuhkan fobia adalah hipnoterapi. Hipnoterapi merupakan cara untuk menyembuhkan suatu penyakit yang berkaitan dengan pikiran, perilaku dan perasaan, seperti fobia. 

Hipnoterapi tidak menggunakan obat atau ilmu sesat, dengan bantuan terapis Anda akan dibantu untuk menemukan solusi agar sembuh dari fobia. Inti dari penyembuhan hipnoterapi adalah penanaman sugesti positif melalui pilihan bawah sadar pasien. 

Sudah banyak yang membuktikan keberhasilan metode penyembuhan dengan hipnoterapi, sekarang giliran Anda untuk membuktikannya. Anda berhak hidup bahagia tanpa gangguan fobia yang mengganggu aktivitas Anda. 

Jika Anda ingin mengikuti hipnoterapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.