Cara Mengatasi Kepribadian Ambang (Borderline Personality Disorder)

 26 total views,  1 views today

Cara mengatasi kepribadian ambang

Kepribadian menunjukan identitas seseorang. Seseorang yang mengalami gangguan kepribadian ambang cenderung dipandang sebelah mata. Dalam istilah medis, gangguan kepribadian berarti pola hubungan sosial yang berbeda dengan norma atau nilai yang berlaku. Dengan kata lain, seseorang yang mengalami personality disorder tidak berperilaku seperti orang pada umumnya. Meskipun demikian, ada beberapa cara mengatasi kepribadian ambang ini. 

Cara Mengatasi Kepribadian Ambang

Seseorang dengan personality disorder cenderung kesulitan untuk mengatur hubungannya dengan orang lain, karir, dan perasaan. Meskipun demikian, personality disorder bisa diatasi.  Jadi, berhenti untuk menghakimi karakter orang hanya karena ia memiliki gangguan kepribadian. Layaknya penyakit fisik, gangguan kepribadian juga bisa sembuh jika mendapat perlakuan yang tepat dari diri sendiri dan lingkungannya. 

Salah satu gangguan kepribadian yang paling banyak mendapat perhatian di Indonesia adalah kepribadian ambang. Orang dengan borderline personality disorder (BPD) ini sering melakukan hal impulsif. Jika tindakan ini dibiarkan, maka bisa memperparah kondisi mentalnya. 

Selain dari dukungan dari orang sekitar, Anda harus memiliki kekuatan sendiri untuk menguatkan mental Anda. Dengan begitu, Anda mulai terbiasa dengan gejala borderline dan terbiasa untuk mengatasinya. Lakukan upaya berikut ini untuk mengurangi gejala BPD Anda.

1. Kelola Emosi dengan Baik 

Sebagai seorang dengan BPD, mungkin Anda sering melawan emosi Anda. Berhentilah melawan, terima semua itu sebagai kekuatan Anda. Biarkan itu terjadi, lalu atur nafas Anda untuk merilekskan. 

2. Menyentuh Sesuatu untuk Membantu Menenangkan 

Jika teknik olah nafas saja tidak cukup, Anda bisa mandi atau cukup mengaliri tangan Anda dengan air hangat atau air dingin (sepotong es). Jika Anda merasa belum tenang, pegang kuat-kuat perabotan yang kokoh dan aman. 

Setelah itu, mungkin Anda merasa lelah. Tidurlah dan lepaskan semua yang membuat Anda tersiksa. 

3. Makan Sesuatu yang Manis 

Jika Anda merasa hampa dan mati rasa, coba isap permen atau permen dengan rasa yang kuat. Jika Anda ingin menenangkan diri, cobalah sesuatu yang menenangkan seperti teh atau sup panas.

4. Menyebarkan Aroma yang Harum 

Cara yang ampuh untuk menenangkan adalah aroma yang harum. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi, lilin, bunga, atau parfum favorit Anda. 

5. Mendengarkan Suara untuk Mengendalikan Gejala Borderline 

Jika Anda bertindak impulsif, dengarkan musik yang keras atau bel. Suara tersebut dapat membantu Anda untuk menyadarkan Anda. 

Namun, jika Anda butuh untuk menenangkan diri, mainkan musik yang iramanya lambat seperti suara angin, burung, dan laut. 

6. Mencegah Emosi Negatif

Anda lebih mungkin mengalami emosi negatif ketika sedang lelah dan stres. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda, dengan hal-hal berikut ini: 

  • Hindari obat untuk menstabilkan mood;
  • Makan makanan yang seimbang dan bergizi;
  • Tidur nyenyak;
  • Berolahraga secara teratur;
  • Jangan melakukan hal yang memicu stres;
  • Mempraktikkan teknik relaksasi dengan self hypnosis.

7. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan yang Positif 

Lakukan hal untuk menghindari lamunan. Menyibukkan diri tidak harus keluar rumah. Bahkan Anda bisa bersantai dengan menonton tv komedi. 

Selain itu, Anda juga bisa mengalihkan perhatian Anda dengan melakukan pekerjaan rumah. Menyapu, mengepel, dan bertanam mampu membantu Anda untuk melepaskan stres. 

8. Menerima Orang Lain Tanpa Berprasangka Buruk

Seseorang dengan BPD mungkin kesulitan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Ini karena ketidakmampuannya untuk memahami orang lain. 

Mencoba berdamai dengan orang lain adalah cara terbaik untuk memperbaiki kemampuan bersosial Anda. Abaikan sejenak penilaian negatif Anda terhadap orang lain, maka Anda bisa menjalin hubungan baik dengan mereka. 

Dari delapan cara di atas, hal yang paling penting adalah menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap tenang. Jika hanya olah nafas saja mungkin tidak cukup untuk menstabilkan mood Anda dalam waktu yang lama. 

Ada satu solusi untuk Anda agar selalu tenang kapanpun Anda membutuhkannya. Hipnoterapi mampu menyembuhkan semua permasalahan yang bersumber dari pikiran, perasaan, dan perilaku. Hipnoterapi menitikberatkan pada komunikasi yang menembus pikiran bawah sadar untuk penyembuhan. 

Apabila Anda ingin mengikuti sesi terapi untuk mengatasi BPD atau gangguan mental dan fisik lainnya, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: Cara Mengajarkan Kebaikan Kepada Anak Secara Islam