Waspada! Inilah Pengaruh Kecanduan Merokok Terhadap Kondisi Mental Kamu…

 40 total views,  1 views today

cara mengatasi kecanduan merokok

Merokok sudah lama dikenal sebagai kebiasaan buruk di Indonesia. Selain kandungan nikotinnya yang bisa merusak organ dalam, kebiasaan merokok juga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang. Pada kesempatan ini, saya juga akan membagikan cara mengatasi kecanduan merokok yang ampuh! Simak penjelasannya berikut ini… 

Kebiasaan merokok yang seperti apa yang bisa mempengaruhi mental?

Fenomena iklan rokok di Indonesia ini sangat unik. Loh, kok sampai iklan rokok? Begini, dalam bungkus rokok jelas tertera peringatan merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Meskipun peringatan tersebut dimuat dalam setiap bungkus rokok apapun, namun para perokok berat ini seolah menutup mata. Baik, mari kita bahas dari sisi psikologi satu per satu. 

Pertama, nikotin mempengaruhi kinerja otak. Bahkan, hanya dalam waktu 10 detik setelah dihisap mampu mencapai otak melalui mulut. Semakin banyak nikotin, maka akan semakin kuat efek ketergantungan dan perubahan psikologis pada seseorang. 

Kedua, Nikotin mengakibatkan ketergantungan dengan cara memicu peningkatan hormon dopamin pada otak. Hormon dopamin merupakan senyawa kimiawi di otak yang berperan menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Sehingga, hormon ini bisa mempengaruhi kemampuan mengingat seseorang, hingga respon gerak anggota tubuh.

Jika kadar dopamin dalam otak wajar, ia mampu bekerja dengan baik sebagai pengendali emosi. Namun, dopamin yang berlebihan karena nikotin ini disertai dengan penurunan enzim monoamine oxidase. Tanpa adanya enzim ini, dopamin sulit terkendali sehingga menyebabkan ketergantungan.  

Ketiga, hormon dopamin menyebabkan para perokok aktif ini merasa rileks dan bahagia. Akibatnya, mereka kesulitan menenangkan pikirannya jika tidak menghisap rokok. 

Di sinilah ketergantungan atau kecanduan pada rokok bermula. Para perokok aktif rela bekerja keras demi mendapatkan rokok. Bahkan, yang lebih parah, perokok bisa saja lebih agresif dan mudah marah saat harus menahan keinginannya. Hal ini memicu perubahan emosi dan perilaku yang lebih parah. 

Wow, ternyata parah juga ya dampak rokok bagi psikologis… Jika siklus di atas terjadi dan dibiarkan saja, maka kemungkinan seseorang mengalami gangguan mental dan serangan penyakit dalam pun semakin besar. 

Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Merokok

Meskipun mengetahui dampaknya yang berbahaya, para perokok kesulitan untuk berhenti merokok. Mungkin beberapa dari mereka sudah melakukan berbagai upaya untuk berhenti merokok namun belum berhasil. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin membagikan solusi yang tepat untuk Anda agar bisa berhenti merokok seketika itu juga. Bagaimana caranya? Mengikuti sesi hipnoterapi. 

Hipnoterapi merupakan cara mengatasi berbagai masalah pikiran, perilaku, dan perasaan. Melalui relaksasi pikiran, pikiran alam bawah sadar Anda akan menerima sugesti yang bisa mempengaruhi perubahan pada diri Anda. 

Sugesti yang diberikan kepada Anda akan disesuaikan dengan masalah Anda. Biasanya, hipnoterapi bisa mengatasi berbagai masalah psikologis yang berkaitan dengan pikiran atau perilaku seperti kecanduan merokok ini. 

Sudah banyak yang membuktikan keefektifan hipnoterapi untuk mengatasi berbagai masalah psikologis lainnya. Kini, giliran Anda untuk membuktikannya. 

Selesaikan masalah Anda sekarang juga atau menyesal! 

Untuk informasi pendaftaran hipnoterapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca juga: 10 Gejala Psikosomatis dan Cara Mengatasinya