Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Menggosok Gigi

 69 total views,  1 views today

cara mengatasi anak yang tidak mau menggosok gigi

Hai, Sahabat Hionoterapis Indonesia… Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya. Aamiin. Pada kesempatan yang istimewa ini, saya ingin membagikan cara mengatasi anak yang tidak mau menggosok gigi. Selamat membaca :’)

Apakah Anda memiliki balita yang sering kabur bahkan menangis saat mau menggosok gigi? Sebagian dari bunda di sini mungkin sudah lelah mengajak si kecil untuk gosok gigi.. Tapi bund, gosok gigi sangat penting untuk menghindari penumpukan plak pada gigi si kecil. Anak-anak yang sudah mulai mengkonsumsi berbagai macam makanan, harus diajarkan gosok gigi sejak dini agar giginya tidak berlubang dan berwarna kuning. Dan tentunya untuk menjaga kesehatan mulutnya. 

Penyebab Anak Tidak Mau Menggosok Giginya

Mengajak si kecil untuk menggosok gigi bukanlah perkara yang mudah. Namun, tahukah bunda apa penyebab anak tidak mau menggosok giginya? 

1. Si Kecil Menganggap Gosok Gigi Sebagai Sesuatu yang Menakutkan

Bukan maksud menyalahkan orang tua, namun apakah selama ini bunda pernah mengajak si kecil dengan cara memaksanya seperti menyeret, atau mengajaknya saat anak sudah mengantuk? Bisa jadi anak Anda menangis karena sebenarnya takut dengan cara Anda. Yuk, mulai sekarang lebih berhati-hati dalam mengajak si kecil ya, bund :’) 

2. Anak Tidak Merasa Nyaman Saat Gosok Gigi

Pemilihan sikat dan pasta gigi yang kurang tepat bisa membuat si kecil tidak mau menggosok gigi. Mereka menganggap gosok gigi merupakan kegiatan yang tidak menyenangkan, karena saat mereka menggosok gigi di kecil merasa kepedasan dari pasta gigi. Maka, pemilihan sikat dan pasta gigi si kecil juga harus Anda perhatikan, ya, bund. 

3. Si Kecil Sudah Mengantuk 

Mengajak si kecil gosok gigi saat mengantuk sebaiknya jangan Anda lakukan. Bunda sebaiknya mengajak si kecil gosok gigi sebelum ia mengantuk. 

Baca juga: Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun

Lalu, bagaimana cara agar mau gosok gigi dengan senang hati?

Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Menggosok Gigi

1. Tunjukkan Gambar Cara Menggosok Gigi

Karena anak kecil suka meniru, Anda perlu menghadirkan sosok yang bisa mereka tiru. Dengan gambar yang menarik, si kecil akan merasa senang saat menggosok gigi. Tempelkan gambar di tempat si kecil biasa gosok gigi, seperti kamar mandi, wastafel, atau lainnya. 

2. Menggosok Gigi Bersama-Sama

Selain gambar yang menginspirasi si kecil, membersamai si kecil saat gosok gigi sangat efektif untuk membujuknya. Mereka merasa bahwa semua orang harus gosok gigi dan gosok gigi itu baik. 

3. Membeli Sikat dan Pasta Gigi yang Nyaman untuk Anak-Anak 

Belikan si kecil sikat gigi dengan karakter tertentu untuk menambah semangatnya. Libatkan si kecil untuk memilih karakter favoritnya sendiri. Selain itu, biarkan si kecil memilih varian pasta gigi kesukaannya. 

4. Menggosok Gigi Sambil Bernyanyi 

Salah satu cara membuat gosok gigi menyenangkan adalah dengan bernyanyi. Si kecil yang baru pertama kali menggosok gigi tentu belum tahu step atau langkah yang benar. Anda bisa mengajarkan langkah-langkah gosok gigi yang benar dengan cara bernyanyi. Cara tersebut efektif untuk membuat si kecil Anda senang saat menggosok gigi. 

5. Memberikan Si Kecil Pujian 

Jangan lupa berikan pujian kepada si kecil setelah menggosok gigi. Pujian akan membuat anak berpikir bahwa menggosok gigi adalah hal yang positif dan ia senang melakukannya setiap hari. 

6. Hipnoterapi

Cara yang terakhir merupakan cara yang paling ampuh untuk membuat anak merasa senang saat gosok gigi. hipnoterapi merupakan cara mengubah pikiran, perilaku, dan perasaan seseorang yang dikombinasikan dengan teknik hipnotis, yaitu menanamkan sugesti ke dalam bawah sadar si kecil. 

Baik, itulah enam cara ampuh untuk mengatasi anak yang tidak mau menggosok gigi. Khusus hipnoterapi, Bunda bisa mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti sesi hipnoterapi kepada trainer profesioanal. 

Kabar baik nih, Bunda.. Kami bisa membantu Anda untuk memberi hipnoterapi kepada anak tercinta Anda. Untuk Bunda yang ingin mendaftar, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.