Cara Mengatasi Anak yang Mudah Marah (Tantrum) dengan Hipnoterapi

 62 total views,  1 views today

cara mengatasi anak tantrum

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, yaa. Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan bagaimana cara mengatasi anak tantrum atau mudah marah. Selamat membaca :’)

Apakah si kecil sering menangis, marah sampai berteriak, bahkan mengamuk? Jangan khawatir, bund.. kali ini saya ingin membagikan tips cara menenangkan anak yang mudah marah. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini. 

Cara Menyikapi Anak Tantrum

Tantrum sering terjadi pada anak usia satu sampai lima tahun. Penyebabnya yang tidak diketahui, sering membuat orang tua bingung bagaimana cara menenangkannya. Pada dasarnya, penyebab anak tantrum karena ketidakmampuan balita dalam mengekspresikan keinginannya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa masa golden age adalah masa di mana mereka masih mengeksplor bahasanya sendiri. Oleh karena itu, ada kecenderungan anak marah ketika mereka tidak mampu mengungkapkan apa yang mereka rasakan. 

Lalu, bagaimana seharusnya kita menyikapinya?

1. Tetap Tenang 

Saat anak sedang menangis kencang, jangn pernah sekali-kali membalasnya dengan teriakan. Itu hanya akan membuat Anda semakin menangis dan takut kepada Anda. Cukup tenangkan diri Anda, sembari berpikir penyebab si kecil menangis. 

3. Tenangkan Si Kecil Secara Perlahan

Setelah Anda tenang, cobalah bujuk anak Anda untuk menghentikan tangisannya. Kemudian tanya apa yang si kecil inginkan, tawarkan apa yang kira-kira mereka inginkan, seperti, “Adek, mau makan? atau mau main, ya?.” Ketika anak mengangguk, maka Anda akan lebih mudah mengatasinya. 

4. Pastikan Anak Anda Aman dari Benda Tajam 

Jika Anda sudah menenangkannya, namun si kecil belum tenang juga, Anda perlu sedikit bersabar dan tetap tenang. Beri anak ruang dan waktu sampai ia tenang kembali. Jauhkan benda-benda tajam dari jangkauannya dan pastikan posisi si kecil aman untuk bergerak. 

5. Sering Komunikasi dengan Anak Anda 

Setelah si kecil kembali tenang, ajaklah ia bermain dan mengobrol. Tanyakan apa yang sedang ia inginkan akhir-akhir ini, dan dengarkan semua ceritanya. Cara ini bisa melatih anak untuk lebih mengekspresikan keinginannya dan lebih terbuka. 

6. Tanamkan Afirmasi

Saat hari-hari normal bersama si kecil, cobalah tanamkan afirmasi positif kepada si kecil, seperti, “Kakak, anak bunda yang manis, bunda senang cerita-cerita sama kakak. Kakak pasti lebih lega kalau sudah cerita sama bunda. Mulai sekarang kalau kakak ingin sesuatu cerita ke bunda ya, bunda senang sekali kalau kakak mau cerita ke bunda” 

Afirmasi semacam itu bisa menjadi kontrol bagi si kecil, ketika ia ingin marah karena  sesuatu, ia harus cerita ke bunda terlebih dahulu. Dengan si kecil mengungkapkannya, tantrum anak pun bisa Anda alihkan. 

Baca juga: Contoh Sugesti Positif untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Itulah lima cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengatasi si kecil saat tantrum. Apabila kelima cara tersebut tidak mengubah si kecil, Anda bisa mendaftarkan anak Anda untuk mengikuti hipnoterapi untuk mengatasi tantrumnya. Hipnoterapi merupakan cara mengubah pikiran, peikiran, dan perilaku seseorang dengan mengkombinasikan teknik hipnotis, menanamkan sugesti yang dirancang sesuai dengan ajaran islam ke dalam pikiran bawah sadar si kecil. 

Banyak yang sudah membuktikan hypnoparenting efektif untuk mendidik anak, lo bund.. sekarang giliran bunda membuktikannya, 

Anda bisa mendaftarkan diri Anda dengan cara menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.