Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Ngompol Lagi dengan Hipnoterapi

 48 total views,  1 views today

cara mengatasi anak agar tidak ngompol lagi

Cara mengatasi agar anak tidak ngompol lagi dengan hipnoterapi – Hai, sahabat hipnoterapi di manapun Anda berada. Semoga selalu dalam keadaan baik, ya. Kali ini saya kembali dengan topik yang sangat menarik untuk Anda, khususnya Anda yang ingin tahu cara mengatasi anak yang masih sering ngompol. Simak artikel ini sampai selesai, ya :’)

Penyebab Anak Ngompol

Ngompol merupakan hal yang wajar untuk anak-anak di bawah usia 2,5 tahun. Umumnya, anak ngompol pada siang dan malam hari. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, anak akan berhenti ngompol di siang hari lalu hanya ngompol saat malam hari. Kebiasaan ngompol ini biasanya saat anak sedang tidur. Fakta menarik lainnya adalah anak yang lebih sering ngompol tampak memiliki kecerdasan rendah, rentang perhatian dan memori pengingat jangka pendek. Sedih ya, jika perkembangan anak kita terhambat. Maka dari itu, ayo kita cari penyebab dan solusinya di sini. 

Lalu, apa sih penyebab anak suka ngompol? Berikut ini penjelasannya.

1. Keturunan

Jika sewaktu kecil orang tua sering ngompol maka risiko anaknya ngompol juga tinggi, ya bund.

2. Hormon vasopresin

Sebelum berusia 10 tahun, anak memproduksi sedikit hormon ini. Sehingga sangat wajar jika anak mudah ngompol.

3. Tidur terlelap

Tertidur sangat lelap dapat membuat anak mudah ngompol apalagi anak laki-laki.

4. Gangguan pada kandung kemih

Persentase terganggunya fungsi kandung kemih pada anak sangat sedikit. Anak yang mengalami gangguan kandung kemih akan lebih sering mengompol karena kapasitas untuk menampung urin yang rendah.

5. Perkembangan sistem saraf terlambat

Perkembangan sistem saraf yang terlambat membuat anak sering mengompol karena ketidakmampuan otak menerima tanda untuk mengeluarkan urine.

Cara Mengatasi Agar Anak Tidak Ngompol Lagi

Kebiasaan ngompol anak yang tak kunjung hilang tentu membuat orang tua agak pusing. Oleh karena itu, kebiasaan ngompol ini harus segera diatasi. Khususnya untuk anak yang berusia di atas 2,5 tahun. Mengapa? jika tidak segera diatasi, perkembangan anak yang suka ngompol akan terhambat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan anak mengompol.

  1. Melatih si kecil untuk buang air teratur.
  2. Bangunkan si kecil saat malam hari untuk buang air.
  3. Berikan hadian kepada si kecil ketika dia tidak mengompol. Cara ini akan memancing sugestinya untuk tidak mengompol.
  4. Hipnoterapi.

Tiga dari empat cara di atas sangat mudah untuk dilakukan tetapi mungkin akan membutuhkan waktu yang lama jika tidak dibarengi dengan hipnoterapi. Anda bisa memberikan sugesti pada si kecil untuk segera bangun jika ingin buang air kecil. Kemudian, berikan sugesti bahwa ngompol itu tidak nyaman dan tempat tidur kering itu jauh lebih nyaman.

Sampai saat ini sudah banyak orang tua telah berhasil mendidik anaknya menjadi lebih baik dengan bantuan Hypnoparenting. Daftarkan diri Anda dengan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation) di nomor 085329999633. Atau klik link di bawah ini.

Demikian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya :’)