Cara Mengajarkan Kebaikan Kepada Anak Secara Islam

 28 total views,  1 views today

cara mengajar anak secara islam

Sebagai orang tua, kita harus mampu menjadi role model bagi anak-anak. Terlebih, sebagai seorang muslim, mengajarkan nilai-nilai islam kepada anak adalah suatu kewajiban. Mengajarkan nilai-nilai islam sebaiknya dimulai sejak dini agar si kecil terbiasa. Nah, pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tentang cara mengajar anak secara islam. 

Langkah awal untuk membiasakan anak dengan ajaran agama islam adalah dengan memberikan contoh. Itulah mengapa orang tua harus bisa menjadi role model bagi anak-anaknya. 

1. Mengajarkan Salat 

Salat adalah hal yang utama dalam islam. Salat menjadi kewajiban saat seseorang sudah akil baligh. Lalu mengapa anak perlu diajarkan salat sedari kecil? Anak kecil memiliki kemampuan meniru yang sangat luar biasa. Nah, ini kesempatan bagi orang tua untuk mencontohkan perilaku yang baik kepada anak. 

Dengan kemampuan pikiran bawah sadarnya yang selalu terbuka untuk menerima hal baru, si kecil akan mudah mengingat pola yang ditanamkan orang tua. Misalnya, kewajiban salat setelah adzan, rutinitas salat lima waktu setiap hari, dan ibadah lainnya. 

Pastikan anak Anda berada di dekat Anda sewaktu Anda salat agar ia melihat bagaimana Anda salat. Seiring dengan berjalannya waktu, setelah anak sudah bisa memaksimalkan gerakan tubuhnya, ia akan meniru gerakan salat yang Anda lakukan. 

2. Mengawali Setiap Kegiatan dengan Doa

Membiasakan anak untuk mengawali setiap kegiatan dengan Doa mampu merangsang kemampuan kognitifnya. Karena doa yang Anda lafalkan secara berulang akan membuat anak mengingat dengan sendirinya. Contohkan doa-doa yang sederhana terlebih dahulu, seperti doa sebelum dan sesudah makan, masuk dan keluar kamar mandi, dan doa sebelum dan sesudah tidur. 

3. Mengajak si Kecil Mengaji 

Selain doa, kegiatan islami yang bisa Anda contohkan kepada anak secara mudah adalah mengaji. Biasakan anak mendengar lantunan ayat suci yang Anda bacakan untuknya. Minta anak Anda untuk duduk bersama Anda saat mengaji atau Anda juga bisa mengaji sambil memangku si kecil. 

4. Mengajarkan Sopan Santun 

Cara paling mudah agar anak menjadi pribadi yang sopan dan santun adalah dengan cara mengucapkan tolong, maaf, dan terima kasih. Selalu ucapkan tolong setiap kali Anda meminta bantuan anak. Misalnya, “Nak, ibu minta tolong ambilkan sayur di meja ya”. Kemudian, sampaikan maaf saat Anda melakukan kesalahan. Dan yang ketiga, selalu sampaikan terima kasih setelah Anda menerima bantuan atau sesuatu darinya. 

Mengucapkan tiga kata tersebut dalam percakapan sehari-hari akan membuat anak Anda terbiasa dan pada akhirnya si kecil pun mencontoh dan menggunakannya dengan baik. 

Selain tiga kata tersebut, berikan salam kepada anak dan tawarkan bantuan, agar anak menjadi seseorang yang suka menolong sesama. 

5. Membiasakan Kegiatan Baik 

Membiasakan anak dengan berbagai kegiatan yang positif bisa Anda mulai dengan memberikan hal-hal yang baik. Seperti apa contohnya? Membacakan buku, menghargai orang lain, berbagi mainan, membereskan mainan, dan lain-lain. 

Membiasakan anak dengan berbagai kegiatan yang positif harus dilakukan oleh setiap orang tua. Tentunya, Anda harus terus belajar dan bekerja sama dengan pasangan Anda karena anak Anda adalah apa yang Anda contohkan. 

Baik, saya rasa penjelasan saya sudah cukup, jika Anda memiliki masalah dalam mendidik anak atau ingin berkonsultasi seputar parenting, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.