Cara Menentukan Target Market yang Tepat

 90 total views,  1 views today

cara menentukan target market yang tepat

Cara Menentukan Target Market – Hai, Sahabat Hipnoterapis.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tips hypnomarketing, yaitu cara menentukan target market atau target pasar yang tepat. Selamat membaca :’)

Apa sih tujuan orang berbisnis? Ya, omset yang besar! Untuk meningkatkan penjualan, seorang pebisnis harus memiliki strategi pemasaran yang bagus. Strategi pemasaran merupakan hal yang paling menentukan lancarnya bisnis Anda atau tidak. 

Apa itu Target Market?

Dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk  Anda, Anda harus mengetahui siapa target market Anda. Apa itu target market?

Target market merupakan kepada siapa Anda akan menjual produk ini. Siapa di sini bisa mengacu kepada kelompok tertentu, orang dengan usia tertentu, orang dengan minat tertentu, dan lain-lain. 

Contohnya: Produk yang akan Anda jual adalah produk kecantikan, maka yang akan Anda tuju sebagai target market adalah sekelompok perempuan usia remaja hingga dewasa dan sekelompok orang yang bekerja pada bidang make up. Anda juga bisa mengerucutkan siapa target pasar Anda sesuai dengan spesifikasi dan bobot produk Anda. 

Setelah berhasil menentukan target pasar yang tepat, selanjutnya, Anda bisa dengan mudah menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk target market Anda. 

Lalu, bagaimana cara menentukan target pasar yang tepat? 

Cara Menentukan Target Pasar

Memahami Bisnis yang Sedang Anda Jalankan

Kendala yang sering menghambat seorang pebisnis adalah ketidaktahuannya terhadap apa yang sedang ia jalankan. Ia hanya asal menjalankan suatu usaha tanpa pengetahuan yang matang atau sekadar ikut-ikutan mendirikan bisnis yang ngetren belakangan ini. Alhasil, usahanya tidak bertahan lama.  

Tetapi, jika Anda paham secara keseluruhan tentang bisnis Anda, bisnis Anda akan berkempang pesat. Setidaknya, pahamilah bisnis Anda dari ketiga aspek berikut ini: 

Pertama, sejarah bisnis Anda dari awal. Mengapa sejarahnya? Dari sejarahnya, Anda bisa mempelajari peminat bisnis yang dari dulu hingga sekarang. 

Kedua, Perkembangannya. Dengan mengetahui perkembangannya, Anda bisa menemukan dari kalangan mana saja target pasar Anda. 

Ketiga, pola usahanya. Anda mengadaptasi pola usaha para pebisnis terdahulu yang berhubungan dengan bisnis Anda untuk memudahkan Anda membuat inovasi produk, target pasar dan strategi pemasaran yang tepat di masa sekarang. 

Mengapa Target Pasar Sangat Penting? 

Dalam melancarkan strategi pemasaran, ada kalanya seorang pebisnis harus menerapkan Sharing-sharing dahulu, baru menjual. Untuk bisa sharing, tawarkan informasi yang mereka butuhkan. Informasi ini tentu berhubungan dengan masalah yang bisa di atasi oleh produk Anda. 

Misalnya, Anda ingin menjual jamu herbal yang target marketnya adalah  sekelompok orang  tua penderita nyeri tulang. Maka, sebelum Anda menawarkan produk, Anda bisa memberikan informasi mengenai penyebab nyeri tulang, dampaknya, dan bagaimana cara mengatasinya. 

Dengan cara tersebut, para konsumen tidak perlu berpikir panjang untuk membeli, pun tidak merasa dirugikan karena Anda telah memberikannya solusi. 

Baca juga:

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target market yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda ingin memperoleh tips-tip ampuh meningkatkan penjualan, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.