Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun

 93 total views,  1 views today

Cara mendidik anak usia satu tahun

Cara Mendidik Anak Usia 1 tahun – Hai, Sahabat Hipnoterapis! Bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja ya.. Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan cara mendidik anak usia 1 tahun

Jika Anda mempunyai anak usia 1 tahun, dan ingin mendidiknya dengan benar maka artikel ini cocok untuk Anda. 

Perkembangan Anak Usia Satu Tahun

Memiliki anak yang masih bayi merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Bayi yang sedang lucu-lucunya ini, mengalami perkembangan, dari segi akal, fisik, dan sosial. Maka dari itu, orang tua perlu memperhatikannya. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi baik buruknya perkembangan anak adalah pola asuh orang tua. 

Sebelumnya, saya ingin menjelaskan sedikit tentang ciri ciri perkembangan bayi, agar orang tua bisa ikut memantau sejauh apa perkembangan sang anak. Pada usia satu tahun, si kecil mulai bicara, bereksplorasi, dan melakukan banyak hal. Anak berusia satu tahun cenderung mengulang kegiatannya berkali-kali. Jika ia berhasil melakukan sesuatu dia akan mengulanginya. Pada intinya, mendidik anak satu tahun perlu usaha yang lebih. 

Baca juga Cara Meningkatkan Memori Anak Menjadi Lebih Baik

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun

Cara Mendidik Anak Usia 1 tahun

Pertama, tanamkan hal dasar kepada si kecil. Basic manners seperti: cinta, kejujuran, keadilan, dan sopan santun perlu Anda ajarkan kepada si kecil sejak dini.

Contohnya, ajari si kecil untuk berterima kasih setelah mendapat bantuan atau sesuatu, minta maaf ketika berbuat salah, dan minta tolong setiap kali ingin minta bantuan orang lain. Basic manners (hal dasar) semacam itu sebaiknya sudah mulai Anda terapkan pada anak usia satu tahun karena  si kecil sudah mulai bisa mengeksplorasi lingkungannya.

Kedua, luangkan waktu untuk bermain bersama anak. Pada saat golden age (usia 1-5 tahun), si kecil sangat suka bermain. Ini kesempatan Anda untuk menemaninya bermain dan belajar. Berikan mainan yang sesuai dengan usianya.

Misalnya, mobil-mobilan yang bisa dinaiki si kecil. Kemampuan fisik si kecil akan terbantu karena si kecil menggunakan kakinya untuk menggerakkan mobil-mobilan itu. Kemudian, Anda juga bisa membelikan si kecil buku aktivitas tentang huruf, warna, atau hewan. Ini bisa membantu si kecil untuk melatih perkembangan akalnya.

Ketiga, Selalu dengarkan dan berikan dukungan ke anak. meskipun pada umumnya,anak berusia satu tahun masih belum jelas bicaranya. Namun Anda harus berusaha untuk memahaminya. Anak akan merasa senang dan nyaman jika Anda melakukan itu. 

Keempat, Selalu memberikan contoh yang baik kepada di kecil. Pada usia satu tahun, si kecil suka meniru orang-orang yang ia lihat. Jadi hindari menunjukkan sikap buruk di depan si kecil, seperti bertengkar, berkata kasar, memukul, dan lain-lain. 

Kelima, menanamkan afirmasi positif kepada anak Anda. Anda bisa melakukan di pagi hari, malam, atau menjelang tidur. Ingat ya bunda, afirmasi yang Anda berikan ke anak harus positif. 

Keenam, Jangan biasakan menakuti dan berbohong kepada anak. Meskipun baru berusia satu tahun, mereka mendengarkan setiap perkataan Anda. Alam bawah sadar anak sudah aktif dan menyimpan segala hal kebohongan tersebut dan akan berdampak pada kepribadiannya dewasa. 

Itulah keenam cara mendidik anak satu tahun yang bisa Anda tiru di rumah. Kemudian, jika Anda berminat untuk mempelajari cara mendidik anak ala  rasulullah,  silakan hubungi nomor Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Association) 085329999633. Atau klik link di bawah ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.