Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Secara Islami

 101 total views,  2 views today

cara mendidik anak usia 2 tahun secara islami

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Secara Islami – Hai, Sahabat Hipnoterapis! Bagaimana kabarnya? semoga selalu dalam lindungan-Nya, ya. Selamat datang kembali di artikel kami yang baru. Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan cara mendidik anak secara islami.

Jika Anda memiliki anak usia 2 tahun dan ingin mendidiknya sesuai tuntunan Rasulullah, artikel ini cocok untuk Anda. Selamat membaca :’)

Meskipun pada saat anak berusia 2 tahun kemampuan kognitifnya berkembang, namun si kecil masih mengandalkan proses ‘meniru’ dalam perkembangannya. Ini kesempatan bagi orang tua untuk menanamkan dan mencontohkan ajaran-ajaran Rasulullah kepada si kecil. Mengajarkan nilai-nilai islam sejak dini mampu membantu memperkuat iman anak saat beranjak dewasa. 

Baca juga Cara Mendidik Anak Usia 1 Tahun

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Secara Islami

Berikut ini, cara mendidik anak usia 2 tahun menurut ajaran Rasulullah yang bisa Anda terapkan kepada si kecil. 

Membiasakan Si Kecil dengan Kalimat Tauhid 

Rasulullah pernah bersabda: “pengenalan pertama dalam mendidik anak adalah memperkenal kan kalimat tauhid yang menerangkan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah” 

Menurut ajaran nabi, pada usia 2-3 tahun mengajarkan si kecil kalimat tauhid adalah wajib hukumnya. Dengan mengajarkan kalimat tauhid “Laila ha illallah”, maka Anda sudah mengenalkan Allah SWT kepada si kecil. 

Memuji si Kecil 

Memuji si kecil dengan sebutan yang baik-baik merupakan do’a untuk si kecil. Dengan memberinya pujian, pujian Anda akan tersimpan dalam memori si kecil dan ia mengingat selama hidupnya. 

Beri Contoh Anak dengan Perbuatan Baik Anda

Orang tua adalah sosok utama bagi seorang anak. Semua yang orang tua lakukan, si kecil akan meniru dengan senang hati. Ajaklah anak Anda ke masjid. Meskipun anak usia 2 tahun memorinya terbatas, namun mereka akan selalu mengingatnya jika diajarkan secara berulang-ulang. Setelah beranjak dewasa, si kecil yang sudah dewasa ini otomatis pergi ke masjid setelah adzan berkumandang. 

Bicara yang Halus Kepada Anak

Selama hidup, Rasulullah tidak pernah membentak anaknya. Beliau selalu bicara halus dan penuh kasih sayang kepada anaknya dan pada akhirnya anak cucu Rasulullah menjadi orang yang berbudi dan berakhlak islam. Begitu pula si kecil Anda, mereka akan menjadi orang yang baik jika Anda sabar dalam mendidik dan selalu halus kepadanya. 

Memperdengarkan si Kecil dengan Bacaan Al-Quran 

Setelah, mengajari si kecil kalimat tauhid. Jangan terburu-buru untuk mengajarinya Al-Quran. Memperdengarkan Al-Quran kepada si kecil usia 2 tahun sudah cukup untuknya. Yang terpenting adalah si kecil sudah mengenal Al-Quran sejak dini. Anda bisa membacakannya, atau play murottal untuk si kecil. 

Itulah lima cara mendidik anak usia 2 tahun secara islami. Masih ada banyak cara mendidik anak secara islam. Anda bisa belajar dengan mengikuti pelatihan hipnoterapi dari kami dengan menghubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.