Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun

 8 total views,  1 views today

cara mendidik anak perempuan usia 3 tahun

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun – Hai Sahabat Hipnoterapis Indonesia.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja, ya. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tips mendidik anak perempuan anak usia 3 tahun. Jika Anda memiliki anak perempuan usia 3 tahun, maka artikel ini sangat cocok untuk Anda. So, baca artikel sampai selesai, ya. Selamat membaca :’)

Saat anak memasuki usia 3 tahun, si kecil mengalami perkembangan akal, fisik, dan psikis lebih cepat daripada sebelumnya. Pada fase ini, si kecil lebih senang bereksplorasi dan ingin mencoba berbagai hal di sekitarnya. Maka dari itu, orang perlu mengawasinya agar anak terhindar dari pengaruh negatif. 

Kemudian, mengenali karakter anak perempuan khususnya yang berumur 3 tahun penting untuk Anda lakukan. Mengapa? Karena mengenali karakter anak usia perempuan 3 tahun bisa membantu orang tua memahami kepribadian si kecil. 

Perkembangan Si Kecil Usia 3 Tahun

Sebelum saya membagikan tips parenting kepada Anda, ada beberapa perkembangan si kecil yang harus Anda ketahui untuk mengenali karakter si kecil. Simak penjelasan berikut ini ya, bunda.. 

  1. Dari segi bahasa dan komunikasi, anak usia 3 tahun sudah bisa menerima perintah singkat seperti membuang sampah, mandi, dan gosok gigi. Selain itu, si kecil juga bisa berbicara 3-4 kata dengan jelas. 
  2. Secara fisik, si kecil bisa berjalan dengan baik, melompat-lompat kecil, naik turun tangga, dan berjalan di tempat yang agak landai. 
  3. Dari aspek perilaku, si kecil mampu menirukan apa Anda lakukan, lebih mandiri, memakai pakaian sendiri, dan menunjukkan berbagai perasaan.  
  4. Dari segi kognitif atau kecerdasan, anak usia 3 tahun mampu membuat lingkaran, membuat cerita dengan boneka, mengenal warna-warna, membuka halaman buku per lembar, dan menyelesaikan beberapa potongan puzzle. 

Cara Mendidik Anak Perempuan Usia 3 Tahun

Setelah mengetahui perkembangannya, si kecil perlu Anda sebagai orang tuanya untuk terus mendukung perkembangannya dengan cara berikut ini: 

  1. Memberikan pujian kepada anak perempuan Anda. Katakan kepada si kecil bahwa ia cantik dan banyak orang yang menyayanginya. Pujian membuat si kecil lebih percaya diri. 
  2. Ajak si kecil bercerita. Mintalah anak cerita kegiatannya sehari-hari dan dengarkan semua ceritanya.  Dengan bercerita, berarti Anda melatihnya untuk jujur kepada Anda. 
  3. Melakukan kegiatan bersama, seperti: mewarnai, menggambar, dan membaca. 
  4. Memberikan anak waktu untuk bermain di luar. Biarkan si kecil bermain dengan teman-teman agar terlatih untuk bergaul. Anda cukup memantau dari jarak tertentu. 
  5. Sesekali ajaklah anak perempuan Anda berceloteh dan bercanda.
  6. Ajarkan basic manners (etika dasar) seperti minta maaf saat berbuat salah, minta tolong jika mohon bantuan, dan mengucapkan terima kasih saat menerima sesuatu dari siapapun. Ini penting Anda ajarkan sejak kecil, agar anak menjadi terbiasa ketika dewasa. 

Ketujuh cara di atas bisa Anda lakukan dengan menggabungkan dengan cara yang dianjurkan oleh agama Anda, karena akan lebih baik jika si kecil mengenal Tuhannya sejak dini. 

Kemudian, jangan lupa untuk selalu dampingi si kecil ketika bermain dan jangan meninggalkan anak perempuan Anda bermain sendiri tanpa pengawasan Anda.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Secara Islami

Baik, saya rasa penjelasan saya sudah cukup, jika Anda ingin mendapatkan tips parenting lebih detail, silakan mengikuti pelatihan hypnoparenting dari kami dengan cara menghubungi admin kami Mb Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.