Cara Menawarkan Produk Secara Online 

 36 total views,  1 views today

cara menawarkan produk secara online

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia.. Bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya.. Amiin. Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan tips yaitu cara menawarkan produk secara online. Yuk, simak artikelnya. Selamat membaca :’)

Perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah. Pertukaran informasi dalam segala bidang juga semakin cepat, dari mulai pendidikan, budaya, sosial dan politik, sampai ekonomi. Dalam bidang ekonomi misalnya, teknologi telah memberi banyak keuntungan untuk para pebisnis. Bahkan bisa dikatakan semua orang bisa menjadi pebisnis dengan hanya bermodalkan gadget dan koneksi internet.

Gaya Berjualan Dulu dan Sekarang

Dahulu, orang berjualan harus memiliki kios atau ruko untuk membuka toko. Sementara itu, konsumen yang membutuhkan sesuatu harus pergi ke toko khusus yang menyediakan produk itu. Misalnya, saya ingin membeli baju, maka saya harus ke toko baju yang mungkin jaraknya jauh dari rumah saya. 

Kegiatan jual-beli secara langsung memang lumrah terjadi pada zaman dulu. Namun, sekarang jual-beli bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Anda tidak perlu jauh-jauh mencari kebutuhan Anda, cukup klik dari rumah, produk akan sampai ke rumah Anda. 

Dengan kemudahan yang seperti itu, banyak orang yang dulunya berjualan secara konvensional sekarang memperluas sasaran pasarnya melalui online. 

Berbisnis secara online sekilas terlihat mudah dan siapapun bisa melakukannya. Meskipun pada kenyataannya memang mudah, para pebisnis online harus mengerti cara menawarkan produk secara online agar produk cepat laku dan diminati banyak orang. 

Cara Menawarkan Produk Secara Online

1. Menetapkan Produk 

Langkah pertama untuk berjualan pastinya harus ada produk, ya.. Namun, jika sebelumnya Anda sudah berjualan Anda bisa skip bagian ini, karena pasti Anda sudah tahu ingin berjualan apa. 

Untuk menentukan produk, pertimbangkan target pasar Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual jasa lukis maka tentukan target Anda siapa, dan kenali lebih dekat calon kustomer Anda. 

Selain itu, sebelum menentukan produk, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Apa maksudnya? riset pasar bertujuan untuk mencari tahu produk apa yang paling dibutuhkan oleh orang. Lakukan riset secara langsung dengan bertanya kepada konsumen atau secara online melalui marketplace di Indonesia, contohnya marketplace yang ikonnya berwarna hijau atau orange. Hehe 

2. Membuat Portal Toko Online 

Sebagai pebisnis pemula, Anda wajib memiliki portal toko online untuk menawarkan produk Anda. Beberapa portal yang bisa Anda gunakan secara gratis adalah blogspot dan wordpress. Anda bisa membuatnya secara sederhana asalkan blog Anda memuat produk yang Anda jual, informasi kontak, biodata penjual untuk meyakinkan kustomer bahwa Anda bukan penipu, dan informasi cara membelinya.

Untuk menjaring lebih banyak kustomer, buatlah penawaran yang menarik dan menghipnotis pembaca agar mau membeli produk Anda.

Baca juga: 4 Unsur Penting dalam Penawaran Anda

3. Promosi Secara Online Melalui Media Sosial

Setelah Anda membuka toko online, sekarang saatnya mempromosikan produk Anda melalui media sosial. Beberapa portal media sosial yang bisa Anda gunakan untuk promosi adalah facebook, twitter, dan instagram. 

Setiap media sosial memiliki karakter yang berbeda, sesuaikan cara promosi Anda di masing-masing portal. Sebagai contoh, instagram sangat efektif untuk mengiklankan produk melalui gambar dan caption yang menarik. Jadi, untuk instagram buatlah design gambar iklan semenarik mungkin. 

4. Gunakan Tools untuk Analisis dan Design 

Kak, saya ingin berjualan online tapi tidak memiliki kemampuan design sama sekali.. gimana ya? Jangan khawatir, zaman sekarang semuanya so easy. Anda bisa menggunakan beberapa apps gratis di internet untuk mendesign iklan atau gambar pendukung untuk promosi produk Anda, contohnya: Canva. 

Sejalan dengan perkembangan zaman, semuanya semakin mudah untuk dilakukan. Dengan empat cara di atas Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses jika Anda melakukan dengan benar dan penuh keyakinan. 

Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips marketing yang lebih lengkap, silakan ikuti kelas Hypnomarketing dari kami. Trainer kami akan mengajarkan bagaimana cara berjualan dengan omset berkali-kali lipat. 

Sudah banyak yang membuktikan teknik hypnomarketing ini, kini giliran Anda yang harus membuktikannya.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.