Cara Menangani Anak yang Kecanduan Game Online dengan Hipnoterapi 

 70 total views,  1 views today

cara menangani anak yang kecanduan game online

Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik-baik saja, ya. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan bagaimana cara menangani anak yang kecanduan game online. Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini.

Pada dasarnya bermain game merupakan kegemaran semua kalangan. Dari mulai anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan orang tua. Hal itu wajar, karena sifat dari game yang bisa menghibur dan menarik. Sebagai orang dewasa atau orang tua mungkin mempunyai kontrol untuk berhenti main game. Namun, tidak pada anak-anak dan remaja. Mereka cenderung bermain game sampai lupa waktu. 

Penyebab Kecanduan Game Pada Anak

Anda sebagai orang tua tidak bisa sepenuhnya menyalahkan anak karena penyebab kecanduan game sangat beragam. Secara tidak sadar, kebiasaan orang tua bermain hp di depan anak menyebabkan anak meniru kebiasaan Anda. Ketika usia anak 1-5 tahun, mereka tidak memiliki kontrol atas pikirannya, sehingga pikiran bawah sadarnya dengan mudah menerima segala informasi. Sekalipun informasi tersebut buruk. 

Selain meniru kebiasaan orang di sekelilingnya, kurangnya perhatian orang tua juga bisa menyebabkan anak mencari kegiatan untuk menghibur dirinya sendiri. Salah satunya adalah game online ini. Mulai sekarang, coba introspeksi diri ya bund, sudahkah Anda memberi perhatian yang cukup untuk anak Anda?

Kemudian, pengaruh lingkungan dan teknologi semakin mempermudah siapa saja untuk mengakses game online. Tanpa ada yang mengajarkan, anak kita sudah bisa memainkan berbagai macam game online. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan game pada anak. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Memori Agar Menjadi Lebih Baik

Cara Menangani Anak yang Kecanduan Game

Lalu, bagaimana jika anak tercinta Anda terlanjur kecanduan game? Jangan memarahinya.. Lakukan cara berikut ini untuk menangani anak yang kecanduan game. 

1. Mengalihkan Perhatian si Kecil 

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, mungkin selama ini Anda kurang memperhatikan si kecil. Maka dari itu, luangkan lebih banyak waktu untuk bersama mereka. Mengajak anak-anak berkegiatan positif bisa membuat mereka lupa dengan gamenya. Misalnya, berkebun bersama, olahraga bersama, membaca buku, piknik, dan masih banyak kegiatan bermanfaat lainnya. 

2. Membuat Jadwal Kegiatan untuk si Kecil 

Membantu si kecil untuk mengatur kegiatannya mampu mendukung si kecil untuk menjadi pribadi yang disiplin dan menghargai waktu. Anda harus bisa menjadi reminder tool bagi si kecil, yaitu selalu mengingatkan anak untuk beraktivitas sesuai jadwalnya. 

Membuat jadwal untuk anak memang terkesan strict atau terlalu membatasi ruang geraknya. Namun, cara ini sangat efektif jika Anda melakukannya dengan penuh cinta dan kasih sayang. Sehingga, anak Anda pun tidak merasa terpaksa. 

Kemudian, pastikan jadwal yang Anda buat sesuai dengan minat dan bakat si kecil. Jadi, Anda bisa ngobrol dengan si kecil mengenai apa yang ingin mereka lakukan. Jangan lupa untuk memberi waktu yang cukup untuk bermain sebagai penghargaan kepada anak Anda. 

3. Menanamkan Afirmasi Positif Sehari-Hari 

Anda bisa memanfaatkan waktu bersama anak untuk ngobrol dan bercerita. Cara ini sangat efektif untuk mengalihkan perhatian si kecil terhadap game. Sembari bercerita, Anda bisa mengatakan afirmasi positif kepada anak Anda. Berilah pengertian bahwa berlama-lama menatap layar hp itu tidak baik untuk mata. 

Kemudian beri pengertian kepada anak Anda bahwa banyak kegiatan yang lebih bermanfaat daripada game online. Lakukan cara ini secara berulang sampai si kecil mengalami perubahan. 

Cara-cara tersebut bisa Anda lakukan secara perlahan dan perlu waktu untuk melihat perubahan pada anak Anda. Jika Anda ingin cara yang lebih efektif dan cepat Anda bisa mendaftarkan anak Anda untuk hipnoterapi. 

Hipnoterapi merupakan cara mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang dengan memanfaatkan teknik hipnosis dan menanamkan sugesti. 

Apabila Anda ingin mendaftar hipnoterapi, silakan daftar kepada kami, karena kami mampu memberikan perubahan besar untuk anak Anda melalui para terapis yang sangat berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.