Cara Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi untuk Bertahan Hidup

 70 total views,  1 views today

cara bertahan hidup saat pandemi

Cara Bertahan Hidup Saat Pandemi – Hai, Sahabat Hipnoterapis Indonesia.. Bagaimana kabarnya? Semoga sehat selalu, ya. Pada kesempatan ini, saya ingin membagikan tips mempertahankan usaha di tengah-tengah pandemi atau krisis tertentu. Selamat membaca :’)

Sepanjang tahun ini, dunia sedang berperang melawan pandemi covid-19. Akibatnya, banyak sektor usaha yang terdampak dari adanya pandemi ini. Beberapa perusahaan terpaksa gulung tikar, karena penjualannya terhenti begitu saja. Bahkan, tidak sedikit yang harus mengurangi jumlah karyawan demi menutup kerugian saat pandemi. 

Selain mendatangkan musibah, ternyata adanya pandemi ini mengajarkan kita sesuatu yang sangat berharga. Pelajaran ini bisa Anda manfaatkan untuk bertahan dalam keadaan krisis apapun. Simak penjelasan saya berikut ini: 

1. Menyiapkan Dana Cadangan

Pandemi mengakibatkan ekonomi stuck dimana-mana. Penjualan mengalami penurunan sangat signifikan karena concern (perhatian) konsumen beralih ke kesehatan mereka masing-masing. 

Ketika kegiatan ekonomi berangsur-angsur menurun, para pelaku ekonomi pun susah mendapatkan income (pendapatan). Di sinilah, kita baru menyadari betapa pentingnya sedikit menyisihkan uang untuk menabung. Anda bisa menggunakan dana cadangan tersebut untuk menutup semua kebutuhan Anda saat tidak bekerja. 

Mengapa dana cadangan? Karena mengambil kredit dari bank hanya akan menambah masalah baru untuk Anda nantinya. 

2. Cari Peluang Usaha Baru 

Kita tidak tahu kapan suatu pandemi atau krisis berakhir, maka munculkan ide kreativitas Anda untuk mencari peluang bisnis baru. Tawarkanlah produk yang sedang dibutuhkan banyak orang pada masa krisis seperti ini. 

Anda juga bisa menciptakan inovasi produk Anda, misalnya: jika usaha Anda bergerak di bidang kuliner, Anda bisa mengemasnya dengan sistem vakum, maka produk makanan Anda bisa bertahan lama dan bisa delivery order. 

3. Fokus untuk Bertahan, Jangan Memikirkan Omongan Orang 

Niatkan usaha baru Anda saat pandemi ini untuk bertahan hidup. Selama Anda tidak mengganggu kepentingan orang lain, orang lain pun tidak berhak berkomentar jelek terhadap usaha Anda. 

Itulah cara bertahan hidup saat pandemi yang bisa Anda terapkan. Semoga pandemi ini segera berakhir dan semua bisa kembali normal dengan cepat. Jika Anda ingin mendapatkan tips-tips berbisnis dari ahlinya, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.