Ampuh! Cara Mengatasi Obesitas dengan Hipnoterapi

 29 total views,  1 views today

cara mengatasi obesitas

Seperti yang tertera dalam judul, kali ini saya ingin membahas cara mengatasi obesitas. Hal ini sangat bermanfaat untuk Anda karena Anda bisa membagikan tips ini kepada saudara atau teman-teman Anda yang ingin mencegah dampak obesitas atau mengatasinya. Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini…

Obesitas merupakan suatu kondisi dimana tubuh menumpuk lemak berlebih yang berdampak negatif bagi kesehatan. Faktor genetik, makan berlebihan dan faktor psikologis tertentu adalah beberapa penyebab umum obesitas. 

Obesitas bukan lagi masalah simpel sejak adanya review bahwa orang yang mengalami obesitas memiliki 55% peningkatan risiko terkena depresi, sedangkan orang yang mengalami depresi memiliki risiko 58% lebih tinggi untuk menjadi obesitas. Lalu apa hubungan obesitas dengan kesehatan mental? 

Hubungan Obesitas dengan Kesehatan Mental 

Hubungan antara kesehatan mental dan obesitas sangat kompleks. Semakin jelas bahwa obesitas juga merupakan efek samping dari obat yang dikonsumsi pasien untuk mengurangi gejala depresi atau gangguan mental lainnya. Nafsu makan yang meningkat atau kelesuan yang berlebihan dapat berkontribusi pada kenaikan berat badan.

Hal lain yang sering tidak disadari adalah bahwa mood atau suasana hati dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang. Perubahan suasana hati akibat dari mental disorder tertentu bisa saja membuat nafsu makan seseorang meningkat tajam dan berakhir obesitas. Kesimpulannya, gangguan mental tertentu bisa menyebabkan gangguan makan. Kemudian, obesitas dapat memicu depresi. 

Sebagian orang yang mengalami kelebihan berat badan cenderung kurang percaya diri dibandingkan dengan orang yang memiliki berat ideal. Meskipun banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, namun penyebab yang paling umum adalah adanya tekanan dari lingkungan sekitar. 

Cara Mengatasi Obesitas 

Pada pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan detail diet apa saja yang harus dilakukan oleh penderita obesitas. Di luar sana, ada banyak portal science yang lebih expert tentang diet untuk obesitas. Jadi di sini, saya akan bercerita sedikit tentang apa sih yang harus kita lakukan ketika melihat orang yang berjuang melawan obesitasnya.

Sebagai orang terdekat, tidak ada yang bisa kita lakukan selain mendukung mereka. Anda juga bisa menyarankan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi obesitas. 

1. Menjalani Pengobatan 

Selain mengurangi porsi makan dan menjalani program diet, penderita obesitas sebaiknya menjalani pengobatan dengan dokter. Pengobatan dengan dokter membantu Anda mengontrol perkembangan diet Anda. 

2. Mengikuti Sesi Hipnoterapi 

Ada atau tidaknya gangguan mental yang Anda alami saat berjuang dengan obesitas, saya sangat menyarankan Anda untuk mengikuti sesi terapi ini. Hipnoterapi mampu membantu Anda mengurangi tekanan pikiran yang kemudian bisa membuat Anda lebih rileks dalam menjalani diet. Selain itu, terapis juga akan membantu Anda agar Anda tetap termotivasi untuk hidup sehat dan semangat untuk menurunkan berat badan. 

Obesitas bukan lagi masalah sederhana jika telah berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Jadi, selain mengonsumsi makanan yang seimbang dan olahraga teratur, Anda pun perlu memperhatikan kesehatan mental Anda. 

Jangan biarkan orang lain punya akses terhadap pikiran Anda, karena kamu adalah apa yang kamu pikirkan saat ini. 

Apabila Anda ingat mengikuti sesi hipnoterapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sudah banyak yang membuktikan hipnoterapi untuk mengatasi masalah anak. Kini, giliran Anda untuk membuktikannya.

Baca juga: Cara Mempertahankan Usaha di Tengah Pandemi untuk Bertahan Hidup

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.