8 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

 30 total views,  1 views today

cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

Televisi, game online, dan gadget telah menggantikan tempat bermain di luar bagi banyak anak saat ini. Sebagai orang tua, apakah Anda harus turun tangan? Jawabannya tentu iya! Program di televisi maupun gadget dikemas dengan aksi yang menghibur, program ini sangat membuat ketagihan dan mungkin menimbulkan dampak negatif bagi perkembangan anak. Maka dari itu, orang tua harus tahu bagaimana cara mengatasi kecanduan gadget pada anak. 

Dampak Negatif Gadget Bagi Perkembangan Anak 

Membebaskan mereka dari kecanduan ini sulit dan menantang karena kebanyakan anak tidak menyadari betapa menyenangkannya pergi ke luar, menjelajah, dan bermain. Menghabiskan waktu bersama gadget di rumah tidak hanya menghilangkan aktivitas fisik mereka, tetapi juga menghilangkan kemampuan kreatif mereka dan kemampuan untuk berbagi dan bermain dalam kelompok. 

Upaya Menjauhkan Anak dari Gadget

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat mereka mengesampingkan ponsel itu dan mulai menjelajahi alam?

Berikut ini beberapa teknik mudah untuk menjauhkan anak-anak Anda dari gadget.

1. Jadilah Guru Teladan untuk Anak 

Sisihkan ponsel, tablet, dan laptop Anda selama si kecil fokus dengan Anda. Maksimalkan waktu Anda bersama keluarga dan anak-anak Anda. Tidak bermain gadget di depan si kecil dan selalu ada buat mereka mampu mengalihkan perhatian mereka dari gadget. 

2. Ubah Rutinitas

Libatkan si kecil dalam aktivitas yang mengharuskannya ia meninggalkan gadgetnya. Daftarkan si kecil ke dalam beberapa kegiatan atau les yang diminatinya, seperti les musik, les menggambar, dan les berenang. Anda juga bisa melibatkan anak Anda untuk sedikit membantu kegiatan Anda di rumah. 

3. Jauhkan Tempat Ponsel dari Jangkauan Anak

Pastikan anak Anda tidak akan memperoleh gadgetnya tanpa seizin Anda. Buat lah peraturan, jika ingin bermain gadget harus izin orang tua terlebih dahulu. Alangkah lebih baik, jika Anda membuat semacam jadwal kegiatan untuk anak Anda. Sehingga, Anda tahu kapan anak seharusnya bermain gadget. 

4. Jangan Biasakan Anak Belajar dari Video Tanpa Panduan Anda

Sangatlah mudah untuk membiarkannya belajar menonton video di tab Anda. Namun, apakah Anda menyadari bahwa Anda perlahan berkontribusi pada kecanduan gadgetnya? Sebagian besar anak-anak cenderung kesulitan membaca dan menulis karena mereka dihadapkan pada pembelajaran melalui video pada usia dini.

5. Mengajak Anak Bermain di Luar Ruangan

Bermain di luar ruangan akan membantunya belajar bermain dengan anak-anak lain. Pada saat yang sama, ini juga membantunya membangun keterampilan motoriknya saat ia berlari dan menikmati beberapa permainan outbond.

6. Mengajak Anak Bermain Peran

Anak-anak cenderung menikmati permainan peran, dan itulah cara terbaik untuk melibatkan anak-anak dalam pembelajaran yang menyenangkan. Jadi, mengapa tidak melanjutkan dan memulai permainan menyenangkan Anda sendiri dengan si kecil? Dia akan belajar sesuatu, jauh dari gadget, dan menghabiskan waktu bersama Anda.

7. Fasilitasi Anak dengan Pembelajaran Berbasis Aktivitas

Anak-anak cenderung beralih ke gadget untuk kesenangan dan hiburan. Mainan yang Anda belikan untuknya membuat ia bosan dalam beberapa hari, tidak seperti game seluler menantang di setiap level baru. Jadi, mengapa tidak melibatkannya dalam aktivitas yang menantang? 

8. Menanamkan Afirmasi ke Pikiran Bawah Sadar si Kecil 

Selalu katakan kepada anak Anda jika memanfaatkan waktu bisa mempermudah aktivitas kita sehari-hari. Dengan begitu, ia akan mempunyai kontrol untuk terus mencari kegiatan yang bermanfaat di waktu luangnya. 

Delapan cara ampuh tersebut bisa Anda lakukan secara bertahap, sesuaikan saja dengan jadwal Anda dan anak. Jika, Anda memiliki kesulitan atau tidak cukup mempunyai waktu untuk mengupayakan cara-cara di atas, saya mempunyai solusi yang tepat untuk Anda. Mengatasi kecanduan gadget pada anak dengan hipnoterapi! Mungkin Anda sudah familiar dengan terapi ini. Ya, terapi ini memanfaatkan teknik mempengaruhi pikiran bawah sadar seseorang agar mau mengikuti perintah terapis yang bersifat halus dan tidak memaksa si kecil. Sehingga, perubahan terjadi atas kemauan klien. 

Apabila Anda ingin mendaftarkan anak untuk sesi hipnoterapi, silakan hubungi Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.

Sudah banyak yang membuktikan hipnoterapi untuk mengatasi masalah anak. Kini, giliran Anda untuk membuktikan cara ampuh ini untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak Anda.

Baca juga: Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Menggosok Gigi

Sekian, artikel yang bisa saya bagikan hari ini, dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.