3 Cara Ampuh Mengurangi Stress Akibat Rutinitas Sehari-Hari

 12 total views,  1 views today

cara mengurangi stress

Banyak orang yang kami temui mengaku stress akibat rutinitas mereka yang padat. Tuntutan pekerjaan, mengurus kebutuhan anak-anak, mengurus rumah tangga, wajar jika seseorang terkadang merasa terbebani. Rutinitas tersebut tidak bisa kita hindari. Namun, stress bisa kita hindari. Bagaimana cara mengurangi stress akibat rutinitas sehari-hari? 

Kami di sini untuk meyakinkan Anda bahwa menjalankan aktivitas sehari-hari tidak sesulit itu. Anda dapat menerapkan rutinitas harian yang mengurangi stres Anda tanpa menambah beban Anda.

1. Kurangi Stres dengan Rutinitas Pagi

Pagi Anda menentukan suasana hati Anda sepanjang hari. Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah pagi Anda dengan baik. Cara yang baik untuk memulai rutinitas adalah dengan bangun pagi tepat setelah alarma Anda berbunyi. Jangan menunda atau membiarkan diri Anda tertidur kembali. 

Untuk bangun tepat di pagi hari, Anda harus konsisten dengan jam tidur Anda di malam hari. Kerja sama lah dengan anggota keluarga Anda untuk tidur dan bangun secara konsisten setiap harinya. Ini mampu memperbaiki kualitas hari Anda, sehingga kerja pun maksimal. Kemudian, untuk anak Anda, ini akan membantunya untuk lebih fokus dalam melakukan aktivitasnya. 

Kemudian, rapikan tempat tidur tepat setelah Anda bangun pagi. Ajarkan juga kepada si kecil. Alih-alih bermain gadget, merapikan tempat tidur setelah bangun membantu mereka lebih produktif di pagi hari. 

Yang terakhir, bersiaplah untuk menjalankan aktivitas Anda. Buatlah daftar prioritas pada hari itu, agar semua tugas Anda terselesaikan dengan baik dan tidak menumpuk di kemudian hari. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi stress Anda. 

2. Luangkan Waktu Bersantai Setiap Hari 

Kami sarankan untuk meluangkan waktu tersendiri untuk family time. Lakukan kegiatan yang menyenangkan menurut keluarga Anda. Hindari untuk menggunakan gadget dan fokuslah pada kebersamaan keluarga Anda. 

Salah satu kegiatan yang bisa mengurangi stress adalah bermain bersama keluarga. Ini sangat cocok Anda coba saat harus di rumah seperti sekarang ini. Beberapa permainan yang cocok untuk dimainkan untuk seluruh anggota keluarga adalah monopoli, ular tangga, uno stacko, bowling indoor, tebak gambar, puzzle, dan lain-lain. 

Selain dapat mengurangi stress, permainan tersebut bisa meningkatkan perkembangan keterampilan kognitif pada anak-anak. 

Selain mengisi waktu santai dengan permainan, Anda juga bisa memvariasikannya dengan olahraga. Olahraga ringan di sekitar rumah efektif untuk merilis kejenuhan dan membuat Anda dan anggota keluarga menjadi lebih sehat. 

3. Luangkan Waktu Khusus Sebelum Tidur untuk Self Hypnosis

Salah satu cara yang paling efektif untuk menenangkan pikiran Anda adalah self hypnosis. Dengan melakukan self hypnosis, Anda juga bisa menghargai pencapaian Anda dan mempersiapkan hari esok Anda dengan lebih baik. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan self hypnosis:

  • Pertama, ambillah tempat duduk yang menurut Anda paling nyaman. Bisa duduk atau berbaring. 
  • Kedua, biarkan pikiran Anda melayang kemana saja seperti saat mimpi. Biarkan selama 5-10 menit.
  • Ketiga, rasakan tubuh Anda semakin rileks dan nyaman
  • Keempat, tanamkan sugesti untuk meningkatkan suasana hati ke dalam pikiran Anda secara berkali-kali:

“Pikiran bawah sadar memunculkan semua prasangka positif ke pikiran sadar saya. Pikiran saya penuh dengan ketenangan dan suasana hati yang baik. Sehingga hari-hari saya penuh dengan kebahagiaan dan terhindar dari stress.”

  • Kelima, buka mata Anda setelah pikiran rileks.

Ketiga cara tersebut bisa Anda tambahkan ke dalam rutinitas harian Anda. Cara ini bisa mengimbangi rutinitas harian Anda. Meskipun ini merupakan tambahan, namun mampu mengurangi stress yang muncul. 

Apabila Anda mengalami sesuatu yang mempengaruhi pikiran, perilaku dan perasaan Anda, silakan hubungi admin kami untuk berkonsultasi.

Mbak Dina (Admin Indonesian Hypnosis Asosiation): 085329999633. Atau klik link berikut ini.