Pelatihan Hipnoterapi

www.hipnoterapis.com

Materi Pelatihan

Pelatihan hipnoterapi 4 hari ini dibagi dalam 2 tahap pertemuan. Pertemuan pertama berlangsung selama 2 hari. Setelah itu Anda libur selama 2 minggu untuk mempraktekkan hipnosis kepada orang-orang disekitar Anda. Pertemuan kedua dilakukan 2 minggu setelah pertemuan pertama.

Mengapa tidak 4 hari langsung berturut-turut?

Apabila kami mengambil enaknya saja, bagi kami memang lebih enak mengajar Anda 4 hari berturut-turut, kemudian mempersilakan Anda pulang. Dulu sekali, kami pernah melakukan itu. Namun cara pengajaran seperti itu sudah terbukti kurang efektif karena tidak semua orang belajar dengan kecepatan yang sama. Kami memberi waktu senggang 2 minggu supaya Anda punya cukup waktu untuk mempraktekkan pengetahuan tingkat pertama, sebelum mempelajari tingkat selanjutnya.

Dengan pola pengajaran yang bertahap ini, hasil pelatihan jauh lebih baik daripada yang empat hari berturut-turut. Jadi inilah yang akan Anda pelajari dalam pelatihan 4 hari yang dibagi 2 tahap pertemuan. Simak baik-baik.

Pertemuan Tahap Pertama (2 Hari)

Pada pertemuan pertama yang berlangsung selama 2 hari, Anda akan belajar materi Level 1 yang kami sebut Instant Hypnosis. Disebut demikian karena materi ini disusun sedemikian rupa agar Anda langsung bisa menghipnotis pada hari pertama pelatihan. Standar materi yang diajarkan oleh Master Hypnotist adalah standar-nya Indonesian Hypnosis Association (IHA). Dalam Instant Hypnosis, Anda akan belajar 4 hal pokok yaitu:

  • Konsep hipnosis yang benar – Memahami hipnosis secara ilmiah.
  • Hipnoterapi dasar – Terapi masalah ringan sampai sedang.
  • Stage hypnosis – Hipnosis untuk permainan.
  • Self hypnosis – Hipnosis untuk diri sendiri.

Seperti apa jalannya pelatihan hari pertama?

Kelas dimulai jam 8.30 pagi. Sebaiknya Anda sudah berada di lokasi pelatihan sebelum jam tersebut, terutama apabila Anda masih perlu menyelesaikan administrasi. Mohon maaf, apabila Anda terlambat masuk kelas pada hari pertama pelatihan, Anda bisa ketinggalan momen terpenting dalam pelatihan. Jadi persiapkan kedatangan Anda baik-baik. Ada beberapa point yang akan diajarkan kepada Anda pada hari pertama.

  1. Perkenalan Master Hypnotist (Hypnosis Trainer) ke peserta dan perkenalan antar peserta.
  2. Master Hypnotist menjelaskan hipnosis dengan mempraktekkannya.
  3. Dilanjutkan dengan mengupas hipnosis secara ilmiah dan dari sudut pandang yang benar. Master Hypnotist akan menjelaskan mitos dan fakta mengenai hipnosis. Persepsi Anda mengenai hipnosis selama ini bisa jadi bukan persepsi yang tepat. Maka sebelum Anda belajar cara menghipnotis, Anda harus memahami hipnosis dengan benar-benar benar. Bukan salah ketik, Anda memang harus memahami hipnosis dengan benar-benar benar. Mengapa? Karena banyak dari masyarakat kita, bahkan mungkin Anda juga, masih salah paham tentang hipnosis.
  4. Setelah Anda paham hipnosis yang sebenarnya, maka Anda akan diajarkan cara menghipnotis dengan cepat. Anda akan belajar menghipnotis dalam hitungan detik. Kemudian Anda melatih teknik ini dengan teman-teman sekelas Anda (sesama peserta pelatihan). Tujuan latihan antar peserta adalah memperlancar gerakan dan ucapan Anda dalam mempraktekkan hipnosis. Karena belajar hipnosis sebenarnya adalah “belajar bicara” dengan cara-cara tertentu.
  5. Anda juga akan diajari cara mendekati orang di jalanan atau orang yang baru Anda kenal. Tujuannya adalah untuk mempermudah praktek jalanan yang akan Anda lakukan di sore hari nanti.
  6. Sekitar jam 3 sore, apabila tidak ada halangan yang serius, maka semua peserta akan diajak turun ke jalan menemui orang-orang yang belum Anda kenal. Untuk memberi contoh kepada peserta, Master Hypnotist akan mempraktekkan hipnosis kepada orang di jalanan. Setelah itu, Anda silakan mencari orang untuk praktek hipnosis. Jangan khawatir dengan pertanyaan “Mana ada orang yang mau dihipnotis?”. Sebelum Anda terjun ke jalanan, kami ajarkan Anda bagaimana caranya membuat orang lain malah ingin dihipnotis.
  7. Anda akan belajar bagaimana cara memberi sugesti kepada subyek dalam kondisi hipnosis. Anda bisa memberi sugesti untuk permainan atau membuat efek-efek sugesti yang sifatnya sementara, hanya bertahan beberapa jam saja.
  8. Setelah praktek jalanan selama 1 jam, Anda kembali ke kelas untuk menutup pertemuan hari pertama. Anda boleh pulang sambil tetap mempersiapkan diri untuk tampil lebih baik besok pagi. Anda boleh melanjutkan mempraktekkan hipnosis kepada orang yang Anda temui setelah pelatihan selesai supaya besok pagi Anda bisa bercerita pengalaman seru kepada teman sekelas Anda.

Kalau disingkat, maka fokus pelatihan hari pertama adalah “Apa itu hipnosis?” dan “Bagaimana caranya menghipnotis?”

CATATAN: Master Hypnotist tidak akan memaksa Anda untuk praktek hipnosis langsung di jalanan, di taman kota atau di tempat keramaian apabila Anda enggan. Karena memang ada peserta yang hanya ingin tahu seperti apa itu hipnosis tanpa tertarik untuk praktek. Atau ada juga yang merasa lebih nyaman untuk praktek dalam situasi yang nyaman seperti di rumah sendiri atau di kantor terhadap karyawan dan rekan kerja. Untuk yang dokter, kadang ada yang merasa lebih enak praktek langsung ke pasien yang datang untuk konsultasi.

Lalu, apa yang akan terjadi pada hari kedua?

  1. Pada hari kedua, pelatihan dimulai lebih pagi, yaitu jam 8 pagi tepat.

  2. Di hari kedua ini, kita melanjutkan pelajaran “Bagaimana cara menghipnotis?” yang belum diajarkan pada hari pertama. Anda akan belajar cara menghipnotis tanpa terlihat seperti menghipnotis. Jadi Anda seperti membimbing orang untuk relaksasi atau meditasi, namun sebenarnya Anda mengarahkannya ke kondisi hipnosis.

  3. Master Hypnotist juga akan mengajarkan Anda menerapkan hipnosis kepada anak Anda. Tidak ketinggalan adalah “Cara menghipnotis orang tidur”. Jadi setelah tahu rahasianya, Anda bisa menghipnotis baik orang yang sedang bangun maupun sedang tidur.

  4. Anda juga akan belajar bagaimana memberi sugesti untuk terapi yang efeknya bisa permanen. Dalam pelatihan Level 1 – Instant Hypnosis ini, Anda akan belajar teknik hipnoterapi dasar yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah yang ringan hingga sedang secara permanen.

  5. Pelajaran terakhir adalah bagaimana cara untuk mengubah diri Anda menjadi lebih baik dalam segala hal dengan self hypnosis. Teknik ini bisa Anda gunakan untuk pengembangan diri atau mengatasi masalah perasaan dan pikiran Anda sendiri.

  6. Praktek mulai jam 2 siang sampai jam 4 sore. Kami akan lakukan voting “Apakah kita akan praktek turun ke jalanan atau praktek di kelas antar peserta saja?” Keputusan ada di tangan pilihan terbanyak. Keuntungan praktek di kelas adalah proses pembimbingan jauh lebih mudah karena berada dalam 1 ruangan. Keuntungan praktek lapangan adalah suasananya lebih menantang karena bisa ditonton banyak orang.

Selesai pelatihan untuk tahap pertama. Selamat mempraktekkan hipnosis kepada siapapun. Anda punya waktu 2 minggu. Gunakan waktu 2 minggu itu untuk praktek sebanyak-banyaknya. Semakin banyak semakin bagus tentunya. Ketika Anda praktek hipnosis, pasti akan muncul banyak pertanyaan dan hal-hal baru yang Anda temui. Anda bisa bertanya lewat telepon, apabila memungkinkan untuk dijelaskan lewat telepon, Master Hypnotist akan menjawabnya seketika. Dan bila pertanyaan Anda tidak bisa dijelaskan lewat telepon, maka pertemuan tahap kedua adalah tempat yang cocok untuk menjelaskan kepada Anda. Pada masa 2 minggu ini, Anda disarankan praktek minimal kepada 10 orang yang berbeda. Boleh untuk sekedar permainan atau untuk terapi masalah sederhana.

.

Pertemuan Tahap Kedua (2 Hari)

Pada pertemuan tahap kedua, Anda akan belajar materi pelatihan Level 2 – Advanced Hypnotherapy sesuai standar IHA. Advanced Hypnotherapy lebih fokus pada “Bagaimana mengatasi suatu masalah psikologis secara permanen dan bagaimana membantu orang lain untuk mengembangkan kemampuannya dalam berbagai bidang?.

Pada pertemuan tahap kedua ini, Anda diperbolehkan membawa teman, tetangga atau saudara yang mengalami masalah psikologis tertentu seperti trauma, fobia, kelebihan berat badan, latah, kecemasan dan sebagainya. Pastikan orang yang Anda bawa adalah orang yang memang ingin terbebas dari masalahnya. Karena sebagai hypnotherapist kita tidak dibenarkan untuk melakukan terapi kepada orang yang tidak ingin sembuh. Orang yang Anda bawa boleh memasuki ruang pelatihan pada waktu praktek psikoterapi pada hari pertama dan kedua. Penting juga untuk Anda perhatikan, sebelum Anda berniat membawa orang, konfirmasikan dulu dengan Master Hypnotist untuk menghindari kelebihan orang.

Pertemuan diawali dengan sharing pengalaman masing-masing dalam mempraktekkan hipnosis. Biasanya akan ada banyak cerita seru dari masing-masing peserta, sekaligus banyak pertanyaan dan persoalan yang akan dibahas bersama. Setelah membahas pengalaman masing-masing, kita akan belajar Hipnoterapi Tingkat Lanjut dan bagaimana cara sukses menjadi hypnotherapist. Materi yang akan kita bahas selama dua hari antara lain:

  1. Memahami akar/penyebab dari masalah psikologis dan psikosomatis.
  2. Advanced Pre-Talk – Bagaimana menjalin rapport dengan cepat?
  3. Bagaimana mengatasi klien yang resisten atau sulit bekerjasama?

  4. Bagaimana mengatasi klien yang punya hambatan khusus?

  5. Mastering Induction – Memahami lebih dalam tentang induksi dan cara menerapkannya dalam segala situasi. Ternyata segala sesuatu bisa menjadi induksi.

  6. Direct Drive Technique -  Menanamkan sugesti yang efeknya kuat.

  7. The Power of Visualization – Mengupas kekuatan visualisasi untuk penyembuhan psikologis, psikosomatis dan penyembuhan fisik.

  8. Association & Dissociation – Bagaimana membantu klien untuk antusias dalam suatu bidang yang diinginkannya atau untuk lepas dari sesuatu yang tidak diinginkannya.

  9. Advanced Anchoring Technique – Mengupas lebih dalam tentang teknik memasang anchor untuk keperluan hipnoterapi.

  10. Secret Hypnotherapy – Bagaimana menerapi seseorang tanpa mengetahui masalahnya secara detail. Pasien boleh merahasiakan detail masalahnya,  Anda cukup mengetahui apa yang dikeluhkan. Masalah bisa diselesaikan dengan tetap menjaga rahasia.

  11. Hypnoanalysis – Menemukan penyebab dan menganalisa masalah dengan hipnosis.

  12. Age Regression – Secara mental mengembalikan subyek ke masa lalu untuk menggali informasi sekaligus menyelesaikan masalahnya.

  13. Past Life Regression – Membahas kontroversi kehidupan masa lalu, reinkarnasi, mengingat kembali kehidupan masa lalu dan manfaatnya dalam hipnoterapi.

  14. Parts Therapy – Suatu teknik terapi yang sering digunakan untuk mengatasi konflik internal yang terjadi dalam diri seseorang.

  15. Gestalt Therapy / Chair Therapy – Memandang segala sesuatu dari sudut pandang orang lain ternyata bisa menyembuhkan. Nah, bagaimana membimbing klien agar bisa memperluas pandangannya untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

  16. Forgiveness Therapy – Memaafkan adalah kunci dari kesembuhan. Membimbing klien untuk melepaskan emosi negatifnya.

  17. Relearning – Belajar adalah suatu cara untuk menjadi lebih bijaksana. Anda akan belajar bagaimana membimbing klien untuk mempelajari peristiwa yang pernah dialaminya dengan persepsi yang bijaksana.

  18. Esdaile State / Coma State – Suatu kondisi hipnosis yang punya karakteristik unik dan berfungsi untuk penyembuhan maupun menghilangkan rasa sakit secara total.

  19. Pain Control Techniques – Bagaimana membantu klien untuk menghilangkan rasa sakit.

  20. Bagaimana menjadi hypnotherapist atau therapist yang sukses? Bagaimana memulai praktek Anda? Bagaimana cara mendaftarkan praktek Anda ke dinas kesehatan dengan biaya ringan. Bagaimana memasarkan layanan Anda kepada masyarakat seluruh Indonesia? Bagaimana membuat produk dan layanan yang bisa dijual tanpa Anda harus melakukan terapi satu per satu? Bagaimana menghasilkan banyak uang dengan membuat orang lain puas dengan bantuan kita. Dan masih banyak lagi…. Semua sudah disiapkan oleh Master Hypnotist untuk membantu kesuksesan Anda.
  21. Bagaimana membuka praktek hipnoterapi tanpa mwnyiapkan tempat khusus, tanpa perlu peralatan tambahan, tanpa perlu keluar biaya untuk membeli atau menyewa apapun? Bagaimana caranya praktek hipnoterapi di hotel berbintang secara gratis dan Anda masih dibayar?

Di dalam kelas Advanced Hypnotherapy, apabila ada orang (siswa / orang luar yang di bawa masuk ke kelas) untuk diterapi, maka akan dilakukan praktek hipnoterapi langsung di dalam kelas. Untuk Anda yang punya masalah psikologis, apabila Anda berkenan, Anda boleh mengusulkan diri untuk diterapi di depan kelas. Anda juga boleh membawa orang luar untuk dijadikan contoh praktek hipnoterapi.

.

Masalah apa saja yang bisa Anda tangani setelah mengikuti pelatihan ini?

.

Dengan menguasai teknik-teknik hipnoterapi tingkat lanjut di atas, Anda bisa mengatasi sebagian besar masalah psikologis dan psikosomatis yang dikeluhkan oleh pasien Anda. Hipnoterapi atau terapi dengan hipnotis bisa diterapkan pada masalah fisik maupun psikologis, terutama masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan, dan perilaku. Hipnoterapi tidak hanya untuk orang yang punya masalah, orang normal dan sehat pun banyak yang mengikuti hipnoterapi untuk memaksimalkan kemampuannya dalam segala bidang kehidupan. Di bawah ini adalah beberapa masalah yang biasa ditangani dengan hipnoterapi:

  1. Minder, kurang percaya diri.

  2. Menurunkan berat badan tanpa diet dan tanpa olah raga.

  3. Fobia atau rasa takut yang tidak wajar.

  4. Melahirkan normal tanpa rasa sakit, mengatasi rasa takut melahirkan.

  5. Menghilangkan gagap dan grogi ketika bicara.

  6. Stress, terlalu banyak beban pikiran.

  7. Depresi, tidak bahagia padahal punya segalanya.

  8. Bangkit dari kesedihan.

  9. Pengendalian diri, mengendalikan rasa marah yang mudah meluap.

  10. Menyembuhkan sakit hati.

  11. Menghilangkan marah, dendam, sebel, kecewa terhadap seseorang.

  12. Trauma, selalu terbayang pengalaman buruk.

  13. Merasa cemas atau ketakutan tanpa alasan.

  14. Melupakan masa lalu / pengalaman buruk.

  15. Menghilangkan pikiran negatif.

  16. Berhenti merokok selamanya.

  17. Kecanduan belanja, perjudian, seks, alkohol, coklat, dsb.

  18. Menghilangkan berbagai kebiasaan buruk.

  19. Tidak mampu menahan kencing atau mengompol di waktu tidur.

  20. Menghilangkan latah (bicara ngawur ketika kaget).

  21. Panic Attack, Tiba-tiba merasa ketakutan dan panik tanpa sebab.

  22. Suka menggigit kuku atau mencabuti bulu dan rambut sendiri.

  23. Perilaku obsessive compulsive.

  24. Berlebihan dalam kebersihan atau bersuci dari najis.

  25. Bolak-balik memeriksa kunci pintu rumah padahal sudah dikunci.

  26. Takut terkena penyakit, selalu terbayang penyakit atau kematian.

  27. Pikiran tiba-tiba kosong, tidak tahu apa yang harus dilakukan.

  28. Mudah tersinggung terhadap kata-kata atau sikap orang lain.

  29. Perasaan yang datar, tidak mampu merasa senang ataupun sedih. Tidak bisa mengekspresikan perasaan dengan menangis ataupun tertawa.

  30. Paranoid. Suatu ketakutan atau kecurigaan bahwa orang lain berencana untuk mencelakakan dirinya. Merasa dirinya selalu dalam bahaya.

  31. Sering pingsan, berteriak-teriak tanpa sadar, dan pergi tanpa arah.

  32. Amnesia, tidak tahu jati dirinya, tidak mengenal anggota keluarga.

  33. Sering melihat, mendengar atau merasakan sesuatu yang tidak nyata.

  34. Kecemasan, tegang, grogi, atau tidak bisa konsentrasi saat ujian.

  35. Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kreativitas.

  36. Meningkatkan kemampuan menghafal.

  37. Mampu fokus dalam belajar atau pekerjaan.

  38. Bisa khusyuk (merasakan kedamaian) dalam ibadah.

  39. Motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar atau kerja.

  40. Menghancurkan mental block, meningkatkan penghasilan.

  41. Selalu gagal walaupun sudah mencoba segala cara.

  42. Menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.

  43. Meningkatkan kemampuan public speaking.

  44. Bisa mengendalikan diri dan mengontrol emosi.

  45. Membangun kepribadian seperti yang Anda inginkan.

  46. Menemukan barang hilang karena lupa atau terjatuh.

  47. Membongkar memori yang terlupakan.

  48. Psikosomatis, yaitu penyakit fisik yang disebabkan oleh perasaan.

  49. Sakit maag karena banyak pikiran, stress, kecemasan atau ketakutan.

  50. Sariawan yang sering kambuh atau sulit disembuhkan.

  51. Insomnia, sulit tidur, mimpi buruk, imajinasi menyeramkan.

  52. Menghilangkan sakit kepala dan migren yang sering kambuh.

  53. Kesulitan melupakan mantan kekasih.

  54. Takut jatuh cinta lagi karena takut disakiti.

  55. Kurang percaya diri dalam mendekati lawan jenis.

  56. Membangkitkan gairah cinta antar pasangan.

  57. Mengatasi rasa bosan dalam pernikahan (terapi suami-istri).

  58. Menyembuhkan alergi dan asma untuk selamanya.

  59. Menambah nafsu makan tanpa obat, menambah berat badan.

  60. Mengatasi impotensi dan ejakulasi dini non-organis.

  61. Mengatasi frigiditas dan kesulitan orgasme.

  62. Menghilangkan nyeri menstruasi yang berlebihan.

  63. Lesbianism, perempuan menyukai perempuan.

  64. Dan masih banyak lagi…. Semua penyakit “aneh” yang berhubungan dengan pikiran bisa disembuhkan dengan hipnoterapi.

Dan masih banyak lagi…. Semua penyakit “aneh” yang berhubungan dengan pikiran bisa disembuhkan dengan hipnoterapi.

.

Sebagai hypnotherapist, apakah Anda harus bisa mengatasi semua masalah?

.

Untuk menjadi hypnotherapist yang sukses dan berpenghasilan, sebenarnya Anda tidak perlu bisa menangani semua masalah psikologis. Akan lebih cepat sukses apabila Anda fokus pada satu atau dua bidang, misalnya Anda ambil spesialisasi untuk motivasi berhenti merokok, pelangsingan, masalah seksual atau hipnoterapi kecantikan. Karena manusia punya kecenderungan untuk mencari spesialis dalam bidang tertentu, maka apabila Anda membuka praktek hipnoterapi dengan spesialisasi tertentu, kemungkinan sukses lebih besar. Kalau Master Hypnotist memang menangani semua yang bisa ditangani dengan hipnosis, karena sebagai guru beliau merasa perlu untuk punya pengalaman dalam segala hal.

.

Master Hypnotist dikenal dengan teknik-teknik hipnoterapi-nya yang kreatif, cepat, efektif dan bergaransi. Dalam pelatihan Advanced Hypnotherapy akan dibahas secara mendalam bagaimana cara menangani masalah populer, diminati masyarakat dan bernilai ekonomi tinggi. Materi ini sesuai pengalaman praktek Master Hypnotist, bukan sekedar teori. Untuk itu, Anda akan belajar secara khusus teknik-teknik cepat untuk.

  1. Bagaimana Cara Menyembuhkan Fobia & Trauma dengan cepat?

  2. Bagaimana Mengatasi Minder dan Membangun Kepercayaan Diri?

  3. Bagaimana Cara Membantu Klien Untuk Berhenti Merokok?

  4. Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet?

  5. Bagaimana Cara Menggunakan Hipnosis Untuk Peremajaan Kulit?

  6. Bagaimana Cara Mengecilkan, Memperbesar Dan Mengencangkan Payudara Dengan Self Hypnosis? Banyak orang awam meragukan teknik ini, tapi ini kenyataannya bisa.

  7. Bagaimana Cara Menambah Nafsu Makan Untuk Menambah Berat Badan?

  8. Bagaimana Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Non-Organis?

  9. Bagaimana Mengatasi Impotensi Non-organis?

  10. Bagaimana Cara Mengatasi Frigiditas?

  11. Bagaimana Mengatasi Masalah Tidur Dan Membuat Tidur Lebih Nyenyak?

  12. Bagaimana Menyembuhkan Latah seketika?

Berbeda dengan yang lain, Master Hypnotist tidak hanya mengajarkan Anda untuk bisa melakukan hipnosis dan hipnoterapi, melainkan Master Hypnotist juga mengajarkan Anda cara sukses dalam bidang hipnoterapi.

.

CATATAN PENTING

  • Hipnosis yang kami ajarkan bukan ilmu untuk kejahatan. Hipnosis adalah pengetahuan yang bisa Anda gunakan untuk terapi psikologis, pengembangan diri atau untuk permainan sugesti. Kami tidak mengajarkan hipnosis agar Anda dapat memaksakan kehendak terhadap orang lain atau melakukan kejahatan dengan hipnosis.
  • Pelatihan ini adalah tempat untuk belajar hipnosis dan hipnoterapi, bukan tempat konsultasi masalah Anda. Jika tujuan utama Anda adalah untuk mengatasi masalah Anda atau berkonsultasi dengan Master Hypnotist, sebaiknya Anda mengikuti layanan hipnoterapi saja.
  • Investasi pelatihan harus sudah dilunasi sebelum Anda mengikuti pelatihan. Anda bisa mentransfer seluruh investasi ke rekening kami atau Anda membawa uang tunai pada hari pelatihan.
  • Ada larangan merekam secara audio dan video selama pelatihan.
  • Kalau Anda tertarik untuk bisa dan berhak mengajarkan hipnosis dan hipnoterapi, setelah menyelesaikan pelatihan hipnoterapi ini, Anda bisa mengikuti pelatihan selanjutnya (Level 3 – Master Hypnotist).